People Innovation Excellence

Roti Khas Jepang: Melon Pan

Jika teman-teman penggemar anime, manga, atau game Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan roti ini.

Yap, roti ini adalah melon pan. Roti yang selalu menjadi rebutan di anime atau manga yang mengambil latar cerita sekolahan.

Sebenarnya melon pan itu apa? Apakah roti dengan rasa melon?

Melon pan adalah roti manis yang bagian  atasnya dilapisi oleh bahan yang digunakan untuk membuat cookies sehingga renyah.

Kata “pan” sendiri berasal dari bahasa portugis yang berarti “roti”

Lalu mengapa disebut melon?

Apakah roti ini memiliki rasa melon?

Melon pan bukan berarti roti yang memiliki rasa melon, walaupun memang ada yang rasanya melon, tetapi nama melon pan disini berasal dari remukan cookies pada rotinya yang berbentuk garis-garis seperti melon.

Bagaimana asal mula melon pan?

Melon pan diciptakan sekitar 50 tahun yang lalu oleh seorang pembuat roti di wilayah Kobe. Roti ini pada awalnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan buah melon. Diberi nama demikian hanya karena bentuk luarnya yang dianggap mirip seperti buah melon dengan lapisan atas yang renyah pada kulitnya.

Keunikan nama melon pan ini menggunakan nama dari dua bahasa yang bukan menggunakan bahasa Jepang.

‘Melon’ dari bahasa Inggris yang berarti buah melon dan ‘pan’ dari bahasa Portugis yang berarti roti.

Orang Jepang menyebutnya sebagai meron pan(メロンパン)  dalam pengucapannya.

Dalam perkembangannya, banyak toko kue yang akhirnya memberikan perasa melon, menggunakan selai melon dan irisan melon pada rotinya maupun rasa lainnya ke dalam adonan resep mereka.

Roti ini sendiri tidak hanya populer di Jepang namun dikenal juga di beberapa negara lain seperti Taiwan, China, Dan Amerika Latin.

Melon pan ini sedikit memiliki kesamaan dengan roti nanas Hongkong, namun roti nanas Hongkong cenderung lebih padat dan lembab serta kulit luarnya lebih mudah mengelupas disertai rasa mentega yang kuat dan memiliki tekstur lembut baik diluar maupun didalam. Sedangkan melon pan memiliki rasa yang cukup ringan dengan permukaan sedikit lebih kering yang membuatnya terasa renyah diluar namun lembut didalam. Keduanya sama-sama memiliki keunikan dan kelezatan masing-masing.

Di wilayah seperti Kinki, Chugoku, dan Shikoku, melon pan memiliki nama lain yaitu ‘Sunrise’ yang berarti matahari terbit.

Ada juga melon pan yang berisi chocolate chip, rasa the hijau, dan sebagainya. Bentuknya pun bisa macam-macam sekarang seperti yang berbentuk kura-kura misalnya..

Lucu sekali ya!

Di beberapa wilayah Jepang juga terdapat melon pan yang bentuknya tidak bulat. Contohnya melon pan yang berbentuk seperti buah kakao.

Pada saat melon pan pertama kali dibuat, dapat dikatakan bahwa melon di Jepang berbentuk seperti makuwauri (sejenis melon yang berbentuk seperti buah kakao). Bentuk melon pan seperti ini berasal dari peninggalan era makuwauri ini. Jika dibandingkan dengan melon pan yang berbentuk bulat, melonpan yang berbentuk makuwauri ini memiliki sejarah yang lebih panjang. Roti Jepang telah berevolusi dengan menghasilkan sebuah melon pan original yang menjadi roti khas budaya Jepang.

Salah satu toko terbaik yang menjual melon pan adalah Kagetsudo yang berada di Asakusa.

Kagetsudo berlokasi sekitar 15 menit dari Stasiun Asakusa. Mereka mempunyai stan roti yang juga dekat dengan gerbang Kaminarimon. Toko utamanya berada di dekat Kuil Sensoji. Toko ini didirikan pada tahun 1945 dan telah membuat homemade melon pan sejak itu. Biasanya sekitar 800 orang membeli melon pan di toko ini setiap hari. Melon pan yang dijual bukan melon pan biasa tetapi melon pan berukuran sebesar wajah yang disebut sebagai ‘Ganso Jumbo Melon Pan’.


Published at : Updated
Written By
Jessyca Riestia
Student | Japanese Literature
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close