People Innovation Excellence

Revolusi Para Seiyuu

 

Voice acting merupakan suatu bentuk seni dimana suaramu adalah bentuk ekspresimu.

Sekarang banyak voice actor/voice actress jepang(dikenal sebagai seiyuu) telah mencapai level yang sama dengan para pop idols.

Mereka menggunakan jasa suaranya untuk berbagai projek, seperti menjadikan suatu karakter anime hidup. Bisa dibilang mereka sebagai “voice magician”.

Seorang seiyuu akan sangat mendalami karakter yang diperankannya dan dapat mengubah suaranya seperti yang ia inginkan.

Seorang seiyuu dapat mengubah suaranya seperti yang ia inginkan dan sangat mendalami karakter yang diperankannya.

Pernahkah kalian terpana oleh anime?

Jika iya, mungkin bisa karena faktor cerita, karakter, dan lain-lain. Atau bisa jadi yang membuatmu menyukai anime tersebut karena pengisi suara di balik layarnya yaitu para seiyuunya.

Sudah kita ketahui bahwa negara Jepang terkenal dengan animenya.

Industri anime yang telah berkembang membuat fans para seiyuu melunjak bertambah, tidak hanya animenya. Sekarang bahkan suatu anime/game bisa diketahui orang karena seiyuu populer yang mengisi suaranya.

Biasanya jika fans seiyuu mengetahui bahwa seiyuu yang disukainya mengisi suatu anime/game, fans-fans ini akan mencari informasi lebih dan bahkan akan mengikuti anime atau game yang akan dirilis maupun yang sedang berlangsung.

Menyanyi sampai menari juga?!

Ya, sekarang seorang seiyuu diharuskan dapat bernyanyi.

Seperti anime mempunyai lagu opening dan ending, banyak orang yang peduli akan hal ini.

Memang biasanya artis terkenal dan penyanyi lagu anime, misalnya seperti Eir Aoi memimpin dalam menyanyikan lagu anime, akan tetapi tema lagu yang dinyanyikan oleh seiyuu yang karakternya main dalam anime itu sendiri akan memberikan pengaruh yang besar bagi kedua anime dan fans seiyuunya.

Faktor yang mempengaruhinya juga karena seiyuu yang menyanyikan lagunya, dapat memberikan image yang sesuai karena mereka mengenal karakternya sendiri dan biasanya mereka akan mengubah suaranya seperti karakternya jika diperlukan.

Contoh seiyuu yang menyanyikan opening lagu anime karakternya sendiri seperti Nao Touyama dalam anime Kakuriyo no Yadomeshi dan  Miyano Mamoru dalam anime Uta no Prince-sama, dan para seiyuu ini biasanya akan mempunyai mv sendiri untuk lagunya.

Tidak harus bernyanyi solo, banyak juga anime/game yang opening, ending atau unit song yang dinyanyikan beramai-ramai.

Untuk game/anime contohnya seperti seri Uta no Prince-sama yang mempunyai banyak character song, duet, dan unit song. Ada seri Love Live juga, Idolish 7, dan sebagainya.

Sedangkan untuk game ada Op8, On-Air!, I-chu, dan lain-lain.

Character, duet, unit song serta drama cd juga sangatlah populer oleh karena itu biasanya game Jepang tidak henti hentinya merilis drama cd dan cd song serta mempromosikan projeknya dengan menjadikannya anime.

Seri yang sangat populer seperti Uta no Prince-Sama dan Love Live akan mengadakan konser besar-besaran tiap tahunnya. Dan yang akan menyanyi dan menari di panggung besar itu adalah para seiyuu karakternya sendiri.

Seri yang sangat populer seperti Uta no Prince-Sama akan mengadakan konser besar-besaran tiap tahunnya. Dan yang akan menyanyi dan menari di panggung besar itu adalah para seiyuu karakternya sendiri.

Konsernya juga diadakan di tempat yang sangat luas seperti MetLife Dome atau Yokohama Arena.

Seiyuu yang berada di agensi seperti Gekidan Himawari yang sudah dikenal akan drama theaternya juga biasanya sering bermain theater, seperti seiyuu Ryohei Kimura dan Miyano Mamoru yang berada di satu agensi Gekidan dan sama-sama berperan dalam Uta Prince no Sama, mereka biasanya sudah lihai menggunakan tubuh mereka bahkan jika itu sekedar live dubbing di panggung dan keduanya mempunyai kepercayaan diri yang besar sehingga terlihat pintar menguasai panggung.

Selain theater, para seiyuu juga menyuarai tokoh-tokoh film luar. Bahasanya akan diganti menjadi bahasa Jepang dan para seiyuu Jepang akan menyuarainya tokohnya. Dan biasanya film yang sudah didubbing oleh para seiyuu akan dvdnya diproduksi dan dijual di Jepang.

Seiyuu Ryohei Kimura-san pernah bilang berkata bahwa dirinya tidak menyangka menjadi seorang seiyuu akan membawanya bisa sampai seperti ini, bernyanyi dan bernari di panggung yang besar.

Sekarang seorang seorang seiyuu juga bisa tampil bernyanyi di panggung yang besar, memang tidak ada hal yang mustahil, jika kamu percaya kamu bisa, berusaha mewujudkannya, mimpimu pasti akan menjadi kenyataan teman-teman.


Published at : Updated
Written By
Jessyca Riestia
Student | Japanese Literature
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close