People Innovation Excellence

Honda 3E, Permulaan dari Sebuah Akhir

Source: The Robot Report

Setelah 18 tahun lamanya, Honda ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) akhirnya diberhentikan. Di kalangan kita, Honda mungkin perusahaan yang identik dengan kendaraan transportasi. Namun, diluar dugaan, mereka juga bergelut dalam bidang robotik

Bagi yang belum tahu, ASIMO merupakan robot humanoid pertama yang dapat berjalan dengan 2 kaki. Pembuatannya pertama kali mulai pada tahun 80-an, sampai akhirnya dipublikasikan pada tahun 2000.

Selain itu, ASIMO juga memiliki beberapa fitur keren lainnya, seperti menyadari keberadaan beberapa objek yang bergerak, secara langsung. Menentukan jarak dan arah dari sebuah objek, menginterpretasi perintah suara dan gestur badan manusia, dan bergerak secara otomatis, menggunakan sensor yang ada didalam badannya.

Selama 18 tahun, ASIMO sudah menciptakan kenangan yang besar selama masa operasinya. Seperti bermain sepak bola dengan presiden Amerika, tidak lain adalah Barrack Obama!

Source: The Verge
Source: The Verge

Bahkan, ASIMO juga punya grup dansa sendiri, nampaknya ia juga turut mengikuti perkembangan pop culture.

Namun, disetiap sebuah permulaan selalu ada akhir. Dan, selalu ada permulaan baru di setiap akhir.

Mengikuti berakhirnya ASIMO, Honda mengumumkan kreasi barunya saat CES (Consumer Electronics Show) 2018. Dalam video pengenalannya, terdapat 4 robot penolong baru. Robot pertama bukan didasarkan atas aspek functional, melainkan sebagai rekan hidup, kemudian, diikuti oleh 2 robot yang nampak memiliki mobilitas tinggi, terakhir, robotnya nampak seperti robot off-road.

ASIMO merupakan robot yang berkeja secara independen, namun, Honda beranggapan kerjama beberapa robot ini dapat meningkatkan kualitas hidup manusia secara lebih optmal. Oleh karena itu, demonstrasi robot pada CES 2018 ini disatukan dalam satu bentuk premis, yakni, konsep 3E.

Berikut merupakan trailer konsep 3E.

3E merupakan singkatan dari Empower, Experience, dan juga Empathy, mereka merasa bahwa 3 hal ini sangatlah penting untuk membantu hidup kita.

1. Empower

Source: Honda Global

Robot dengan kode nama 3E-D18 ini merupakan kendaraan off-road, dengan menggunakan kerangka ATV sebagai dasar. D18 ini menggunakan AI untuk berjalan sekitar, sembari melakukan berbagai macam aktifitas. Kendaraan roda 4 yang tangguh ini, disertai dengan ban yang super kuat ini, akan sangat membantu mobil ini dalam mencapai berbagai tempat.

Honda memiliki visi untuk menjalan jasa berat, seperti tim konstruksi bangunan, pemadam kebakaran, dan juga tim SAR. Mobil ini juga diakomodasi dengan berbagai perlengkapan, sesuai dengan tugas yang bersangkutan.

Source: Honda Global

Dalam skala yang lebih kecil, 3E-B18. Merupakan robot dengan desain menyerupai kursi roda, robot yang satu ini ditujukan untuk membantu orang yang memiliki keterbatasan, dan juga orang tua. Tidak seperti kursi roda biasa, B18 tetap bisa mempertahankan keseimbangan yang hebat. Robot ini bisa ditambahkan penyangga untuk menopang banyak barang.

2. Empathy

Source: Honda Global

3E-A18, merupakan robot yang ditujukan  untuk mengeksplorasi emosi manusia. Robot ini memiliki wajah yang bisa menunjukkan emosi, dan menyadari perasaan orang yang berinteraksi dengannya. Robot ini diletakkan diatas roda yang bisa bergerak secara omnidirectional.

Desainnya yang seperti telur, dilengkapi dengan exterior yang empuk “mengundang orang untuk menyentuh, atau memeluk robot ini.” Menurut Honda.

A-18 bisa memandu kita di tempat umum, dan memberikan kita kenyamanan dari segi emosional, layaknya binatang peliharaan.

3. Experience

Source: Honda Global

Terakhir, C-18, merupakan robot yang relatif serbaguna. Robot ini bisa membawa barang, dan mentransportasikan barang, namun, berbeda dengan D-18, C-18 hanya bisa bergerak di lantai yang datar. Robot ini juga memiliki AI yang bisa mengobservasi manusia, mempelajari, dan bergerak tergantung resepsi yang didapat. C18 bisa digunakan secara komersial, dan juga personal.

Sekarang, informasi mengenai 4 robot ini masih belum berlimpah. Seiring progress, mungkin Honda akan memberikan teaser yang menarik!

 

 

 

 

 


Published at :
Written By
Andreas
Student | Sastra Jepang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close