People Innovation Excellence

Kakunodate, Petualangan di dunia Samurai

Jepang merupakan salah satu negara yang handal dalam mem-preservasi budayanya. Sebelumnya, kita sudah sedikit membahas tentang Iga, desa ninja yang menjadikan budaya ninjanya sebagai budaya pop. Sembari mempertahankan kelangsungan budaya ninja, mereka juga turut menarik atraksi wisatawan dari berbagai tempat.

Selain ninja, samurai juga merupakan sosok figur yang terkenal di berbagai tempat. Jepang juga menawarkan wisata ke dunia samurai. Namun, berbeda dengan Iga, atraksi yang ditawarkan lebih merujuk terhadap wisata budaya.

Kakunodate merupakan istana kota, dan benteng samurai yang terletak di prefektur Akita. Meski istananya sudah tiada, kota ini masih berisikan nuansa samurai terdahulu.

Tempat ini memiliki jalanan yang lebar, dan lahan yang relatif luas, selain itu, sembari berjalan, kalian dapat melihat banyak pohon cherry di sekitar anda. Pada bulan Mei, bunga dari pohon cherry ini akan bermekaran, menjadikan tempat ini ideal untuk mengadakan hanami (Acara melihat bunga). Bagi yang tidak terlalu tertarik dengan samurai pun masih bisa menikmati keindahan alam tempat ini!

Source: Japan Guide

 

Dari beberapa rumah samurai yang masih utuh, ada 6 rumah yang terbuka untuk publik, mereka juga menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat bagaimana suasana tempat tinggal samurai kelas menengah keatas ini. Dari ke-6 rumah tersebut, 2 diantaranya sangat direkomendasikan karena ukuran dan kualitasnya, tidak lain adalah kediaman Aoyagi dan juga Ishiguro.

Berikut beberapa kediaman yang dapat kalian kunjungi:

1.Kediaman Aoyagi

Source: Trip Advisor

Kediaman Aoyagi memiliki ukuran yang sangat besar, layaknya sebuah kompleks. Kompleks ini ditempati beberapa bendungan, beberapa diantaranya yakni museum, restoran, dan juga toko souvenir. Di diplaynya sediakan informasi dalam bahasa Inggris, dan juga Jepang, cocok untuk turis yang tertarik dengan sejarah samurai. Biasanya informasinya berisikan tradisi, dan juga pola hidup samurai jaman dulu.

2. Kediaman Ishiguro

Source: Trip Advisor

Rumah ke-2 merupakan kediaman Ishiguro, akses kedalam rumah ini lebi sedikit apabila dibandingkan dengan kediaman Aoyagi, hal ini dikarenakan keluarga aslinya masih meninggali tempat ini. Disini dipajang baju perang dan pakaian samurai, disertai dengan pembelajaran dan gambar anatomi. Kediaman ishiguro memiliki tempat penyimpanan yang besar.

 

Ke-4 rumah lainnya gratis untuk dikunjungi, namun, setiap tempatnya memiliki level access yang berbeda-beda. Sebagian besar dari tempat itu merupakan kedimana samurai kelas menengah, oleh karena itu, tempat mereka relatif lebih kecil apabila dibandingkan dengan rumah kediaman aoyagi dan Ishiguro.

1.Kediaman Odano

Source: Trip Advisor

Taman rumah ini terbuka untuk umum, namun, hanya tamannya saja ya. Bendungannya tidak boleh dimasuki. Namun, pada saat cuaca cerah, pintu gesernya dibiarkan terbuka, jadi, pengunjung bisa melihat kedalam, dan mengapresiasi ruang tataminya yang besar, ditambah dengan keindahan pintu hiasnya.

Biaya Admisi: Gratis

Jam:  09:00 – 16:30

Jadwal Tutup: Desember sampai pertengahan April

 

2.Kediaman Kawarada

Source: JCastle.info

Kediaman ini terkoneksi dengan kediaman Odano melalui jalan kecil. Seperti rumah Odano, kita tidak bisa mengakses bendungan didalamnya. Dan pintunya terbuka agar pengunjung bisa melihat interiornya.

Biaya Admisi: Gratis

Jam:  09:00 – 16:30

Jadwal Tutup: Sama seperti Odano, Desember hingga pertengahan April

 

3.Kediaman Iwahashi

Source: Trip Advisor

Merupakan salah satu contoh kediaman samurai kelas menengah, tempat ini memiliki ukuran yang lebih kecil, didampingi dengan desain yang sederhana dibandingkan dengan kediaman lainnya. Berbeda dengan rumah lainnya, pintu gesernya tidak dibuka untuk pengunjung, jadi, kita hanya bisa sekadar menikmati keindahan arsitektur luarnya saja.

Biaya Admisi: Gratis

Jam:  09:00 – 16:30

Jadwal Tutup: April tanggal 1, sampai dengan tengah April

 

4.Kediaman Matsumoto

Source: Trip Advisor

Rumah ini sudah ada sejak jaman Edo. Seperti layaknya rumah lain, pengunjung tidak ada yang boleh masuk ke dalam bendungan. Ruang interiornya dibuka agar bisa dilihat oleh pengunjung

Biaya Admisi: Gratis

Jam:  09:00 – 16:30

Jadwal Tutup: Awal November hingga tengah April

 

Jadi, sebagian besar kediaman diatas (Selain 2 kediaman utama) tutup beberapa bulan menjelang tahun baru, hingga bulan April. Untuk menikmati segala pelosok kediaman samurai disini, mulai dari pertengahan April, sampai dengan sebelum awal November merupakan waktu yang ideal untuk berkunjung.

Bagi yang tertarik dengan arsitektur, dan sejarah seputar samurai, tempat ini pastinya akan menjadi tujuan yang ideal bagi kalian!


Published at :
Written By
Andreas
Student | Sastra Jepang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close