Kartu Karuta

Permainan kartu, merupakan tipe permainan sederhana yang muncul sejak zaman dulu dan masih dimainkan sampai sekarang. Ada banyak Beragam jenis permainan kartu di seluruh dunia, salah satunya adalah kartu karuta, permainan kartu yang terkenal berasal dari Jepang. Apa itu kartu karuta? Bagaimana cara memainkannya? Topik kali ini akan membahas kartu karuta. Enjoy!

Sejarah/latar belakang

Kartu karuta berawal di zaman Heian, dimana pada saat itu para bangsawan dan aristokrat sering mengisi waktu luangnya dengan menulis puisi, atau memainkan sebuah permainan sederhana dan tradisional yang memakai kerang sebagai alat utama dalam permainan.  Kerang-kerang yang dipakai dalam permainan tersebut ditulis gambar atau tulisan pada cangkang bagian dalamnya, lalu kerang-kerang tersebut ditutup ke bawah. Setiap pemain harus mencari 2 kerang yang isi tulisan atau gambarnya saling cocok sebanyak mungkin dalam waktu yang sedikit, dan yang mendapat 2 pasang kerang dalam jumlah yang banyak adalah pemenangnya. Pada zaman Sengoku, dimana pedagang dari Bangsa Portugis memperkenalkan kartu permainan khas mereka bernama Carta. Lalu oleh orang-orang Jepang saat itu, mereka memodif permainan kartu Carta menjadi kartu Karuta. Namun saat itu juga, kartu karuta sangat mahal, alhasilnya hanya kaum bangsawan yang bisa memainkannya. Di masa kini, kartu karuta sudah menjadi permainan kartu yang dimainkan oleh semua orang, bahkan ada turnamen karuta. Selain itu, kartu karuta juga dipakai sebagai permainan untuk anak kecil, karena bisa mengajar huruf-huruf Jepang dengan cepat.

Jenis-jenis kartu karuta

Pada permainan kartu karuta, ada banyak macam kartu karuta. Yang pertama adalah uta-Karuta. Sesuai namanya, uta(yang artinya lagu/nyanyian)-karuta ini berisi tulisan sebuah puisi yang harus dibaca dengan menyanyi. Uta-karuta yang paling terkenal adalah Hyakunin Isshu Karuta, yang terdiri dari 100 kartu baca/teka-teki dalam bentuk puisi dan 100 kartu jawab, dan biasanya dipakai di sekolah Dasar sebagai salah satu media pembelajaran bahasa Jepang.

Yang kedua adalah iroha-karuta. Kartu karuta yang satu ini terdiri dari 46 kartu baca/teka-teki dan 46 kartu jawaban, sementara itu iroha sendiri sebuah macam 46 huruf Jepang. Selain itu, iroha-karuta bisa dibuat dengan tema yang sangat berbeda dan bermacam-macam, mulai dari sejarah, bahasa, makanan, kartun, sampai geografi, membuat iroha-karuta sebagai kartu karuta yang paling banyak dipakai dalam permainan kartu karuta.

Yang terakhir adalah kyodo karutal. Kyodo sendiri artinya kampung halaman, dan kartu karuta yang satu ini selalu ada gambar festival, makanan, dan tempat lokal. Kyodo karuta dibuat untuk sebagai salah satu cara untuk mengajar bahasa Jepang kepada anak-anak, dan juga memperkuat komunitas kartu karuta dalam memasuki turnamen kartu-karuta. Sekarang ini lebih dari 1000 macam kartu karuta ada terdapat di seluruh Prefektur Jepang.

Cara memainkan kartu karuta

  1. Untuk memainkan kartu karuta, perlu minimal 3 orang. 1 menjadi pembaca teka-teki, 2 orang lainnya menjadi pemain. Setiap kartu karuta memiliki 52 kartu di 1 kotaknya. Ada 2 tipe kartu, yang pertama adalah torifuda yaitu kartu jawaban, dan yomifuda yaitu kartu baca.
  2. Keluarkan kartu-kartu karuta dari kotaknya dan kocok kartu torifuda dan kartu yomifuda.
  3. lalu, buka semua kartu torifuda dan susun kartu-kartu tersebut menjadi sejajar dan rapi.
  4. lalu, pembaca harus mengambil satu kartu yomifuda da
    ri deknya dan mulai membaca kartu yang diambil.
  5. Kedua pemain harus mendengar teka-teki yang dibaca oleh pembaca, lalu ambil kartu torifuda yang cocok dengan teka-teki tersebut dengan cepat. Pemain yang cepat mendapat kartu yang benar, maka dia pemenangnya.

Tips memainkan kartu karuta

Sebagai pembaca, anda harus membaca teka-teki/puisi dengan lancar, jangan gagap agar para pemain tidak merasa kesulitan dalam mencari jawabannya. Untuk pemain, anda harus mendengar teka-teki/puisi dengan seksama, selain itu gerakan tangan anda harus cepat jika anda tahu kartu yang mana yang benar.

Penutup

Permainan kartu karuta selain dapat mengisi waktu luang, juga dapat memberi wawasan baru berupa huruf-huruf bahasa Jepang, yang artinya juga bisa dipakai untuk media pembelajaran. Namun ingat, jangan menyalahgunakan kartu karuta sebagai permainan untuk berjudi sesuatu. Dan demikianlah pembahasan tentang kartu karuta, semoga artikel ini dapat memberi wawasan baru kepada pembaca. Terima kasih sudah membacanya, sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Sean Permana