People Innovation Excellence

Natto

Kacang, merupakan sebuah makanan sederhana berupa biji-biji yang berasal dari tanaman yang bisa dikonsumsi. Banyak beragam jenis kacang di dunia ini, salah satunya adalah kacang kedelai. Namun tahukah anda, di Jepang ada varian lain kacang kedelai yang difermentasi bernama kacang natto? Artikel ini akan membahas kacang natto. Enjoy!

Latar belakang

Sejarah ditemukannya kacang natto sangat abstrak, dan banyak cerita-cerita bagaimana kacang natto ditemukan. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah saat zaman Heian, seorang samurai terkenal dari klan Minamoto bernama Minamoto Yoshiie memasak kacang kedelai untuk makan siang nantinya, namun setelah dia menyimpan kacang kedelai di sebuah bungkusan dari jerami, meletakkan bungkusan tersebut di punggung kuda tepat di bawah sinar terik matahari selama berjam-jam, dia menemukan kacang kedelai yang sudah dia masak mengeluarkan bau aneh dan berlendir. Setelah dia mencicipi kacang tersebut, rasanya pahit tapi enak, dan natto akhirnya ditemukan. Sejak itu, para serdadu di zaman Heian dan seterusnya sering diwajibkan juga mengkonsumsi kacang natto setiap hari. di masa kini, natto menjadi makanan pokok sehari-hari di beberapa tempat di Jepang, terutama Prefektur Tohoku, Hokkaido, dan Kanto.

Kegunaan/manfaat natto bagi kesehatan tubuh

Walaupun terkenal dengan baunya yang sangat aneh, kacang natto mengandung banyak zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Hal ini menjadi alasan kenapa banyak Orang Jepang, terutama di wilayah prefektur Tohoku, Hokkaido, dan Kanto banyak mengkonsumsi kacang natto. Berikut kandungan di dalam kacang natto serta kegunaannya:

  • Potassium

Potassium yang terkandung di kacang natto dapat menyeimbangkan cairan elektrolit di dalam tubuh, yang dapat mencegah dehidrasi. Selain itu, juga dapat meningkatkan sistem saraf di dalam tubuh, dan juga mencegah adanya gangguan tekanan darah.

  • Sodium

Zat sodium yang terkandung di dalam kacang natto dapat mencegah kram otot, membantu mengurangi diabetes, meningkatkan sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi penuaan seperti muncul uban dan wajah keriput. Bagi yang ingin tetap memiliki wajah yang muda di usia yang sangat tua dan ingin rambut tetap berwarna hitam, anda boleh mencoba makan natto!

  • Protein

Kandungan zat protein yang terkandung dalam kacang natto dapat meningkatkan kesehatan otot. Sangat berguna untuk vegetarian yang menghindari makan daging.

 

  • Kalsium

Kandungan kalsium yang terdapat di kacang natto dapat meningkatkan kesehatan tulang, yang juga dapat mencegah kerapuhan pada tulang.

  • Vitamin C

Zat Vitamin C yang terkandung di dalam kacang natto dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari segala penyakit, terutama kanker. Selain itu, mengurangi hipertensi dalam tubuh, menyembuhkan katarak, mengurangi penuaan pada wajah, dan memproduksi norepinephrine di dalam tubuh, yang dapat memberi perasaan positif pada kesehatan psikis.

  • Zat Besi

Yup, tubuh kita juga mengandung zat besi yang memiliki peran penting dalam tubuh. Zat besi yang terkandung dalam kacang natto dapat membuat zat hemogoblin di dalam tubuh, yang mengakibatkan pikiran dan tubuh kita menjadi lebih enerjik, tidak lemah.

  • Vitamin B

Sedang depresi? Sedih? Lesu tanpa ada alasan yang jelas maupun dengan alasan yang jelas? Memakan kacang natto juga dapat mengurangi perasaan negatif. Hal ini dikarenakan kacang natto mengandung vitamin B dimana vitamin B akan memproduksi hormon senang di bagian dalam otak. Selain itu, juga dapat menyembuhkan penyakit anemia, diabetes, dan penyakit mata seperti miopi dan katarak. Selain itu, juga dapat mengurangi nausea pada ibu-ibu yang hamil, juga mengurangi kerontokan rambut.

  • Magnesium

Kandungan magnesium yang terdapat di dalam kacang natto, selain dapat mencegah diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan pada tulang, juga dapat menyembuhkan sakit asma, penyakit mental yaitu ketakutan yang sangat parah, dan melancarkan sistem pembuangan zat cairan yang tidak perlu di kantung kemih.

  • Vitamin K

Vitamin K yang terkandung dalam kacang natto sangat berguna bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Karena vitamin K dapat mengurangi pendarahan dan rasa nyeri saat menstruasi. Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, meningkatkan sistem penyembuhan luka dan penyakit pada tubuh, mencegah sakit gigi/gigi keropos, mencegah pengeroposan pada tulang/memperkuat daya tahan tulang.

Tips cara memakan natto

Untuk memakan natto lebih enak, adukin kacang natto dengan sumpit selama 15 kali. Jangan adukin lebih dari 15 kali, karena lendiran di natto akan membuat gelembung dan rasanya menjadi tidak enak.

Sumber:

http://www.soyinfocenter.com/books/151/

https://www.healthline.com/nutrition/natto#section3


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close