Mendaki Gunung Fuji

Pendakian Gunung Fuji

Jika berbicara tentang Jepang, mungkin terlintas dibenak kita tentang keindahan wisata alam yang siap membuat anda ingin segera pergi berlibur kesana. Pada kesempatan kali  ini saya akan menulis tentang gunung Fuji dan pengalaman saya mendaki gunung Fuji.

Gunung Fuji merupakan gunung merapi tertinggi di Jepang yang memiliki ketinggian 3.776,24 meter. Letak gunung Fuji berada di 100km arah barat daya dari Tokyo. Puncak gunung Fuji yang berbentuk datar setiap tahunnya selalu tertutup salju selama 5 bulan dalam setahun. Keindahan gunung Fuji sangat terkenal dan sering menjadi inspirasi untuk karya seni dan fotografi.

Saat paling tepat untuk mengunjungi gunung Fuji adalah ketika Gunung Fuji dibuka untuk umum pada bulan Juli sampai Agustus. Mendaki gunung Fuji pada selain bulan tersebut sangatlah berbahaya dan harus membawa perlengkapan mendaki gunung bersalju dan mengirim dokumen kepada kepolisian setempat.

Ada beberapa jalur untuk mendaki gunung Fuji, namun jalur yang paling baik, mudah, dan populer untuk mendaki gunung Fuji adalah jalur Yoshida. Jalur yang saya pilih untuk mendaki pada waktu itu pun jalur Yoshida. Butuh waktu sekitar 13 jam bagi saya untuk mendaki gunung Fuji waktu itu. Akan tetapi, pemandangan sepanjang pendakian mampu membuat anda terpesona dan sama sekali tidak merasakan lelah ataupun menyesal.

Sunrise dari atas gunung Fuji

Setelah lelah mendaki, anda akan disambut dengan pemandangan sunrise yang menawan. Pada puncak gunung Fuji ada satu monumen yang menandakan bahwa anda telah mencapai puncak tertinggi. Di puncak gunung Fuji, angin berhembus sangat kencang dengan kombinasi suhu udara yang sangat dingin sehingga saya sarankan untuk tidak berlama-lama disini.

②Pemandangan dari atas awan gunung Fuji

③Monumen tertinggi di puncak gunung Fuji

Sebagai penutup, bagi anda yang ingin pergi mengunjungi gunung Fuji, di Jepang ada banyak perusahaan travel yang menyediakan paket tur. Paket tur untuk satu hari yang termasuk biaya bis, seorang guide, makan malam, sarapan dan pemandian air panas pada umumnya berkisar 20000 yen. Sedangkan paket 2 hari bisa berkisar 30000 yen. Namun, jika memanggil guide yang bisa berbahasa Inggris akan sedikit lebih mahal. Sekian dari saya, terima kasih telah membaca sampai selesai.

Danar Taruna Pamungkas