Popularitas Genre Isekai dalam Anime & Manga Jepang

Popularitas genre isekai dalam manga dan anime Jepang

 

Bisa hidup dan terlahir kembali dengan membawa kecerdasan dari hidup yang lama pasti sangat menarik. Kita bisa menggunakan ingatan masa lalu untuk maju menjadi lebih baik dari orang lain sambil menghindari kejadian buruk yang dapat menimpa kita. Hal ini dapat dijadikan sebagai alur cerita untuk membuat karangan fiksi seperti cerita pendek, novel, anime dan manga.

Di Jepang, akhir-akhir ini muncul sub kategori baru yang dinamakan dengan isekai. Isekai  adalah subgenre dari genre fantasy light novels, manga, anime, dan video games yang pada biasanya memiliki cerita yang berpusat pada seseorang yang biasa-biasa saja, akan tetapi tiba-tiba harus pergi ke dunia paralel lain. Kejadian itu memiliki berbagai macam cara yang unik seperti meninggal lalu terlahir kembali di dunia lain. Bisa juga dengan menggunakan mesin menuju video games seperti pada seri Sword Art Online. Lalu ada juga yang terpaksa pindah ke isekai karena membuka suatu buku misterius. Pada umumnya tokoh utama dalam cerita dengan sub kategori isekai membawa ingatan tentang dunia lama miliknya ke dunia baru.

Genre Isekai biasanya menggambarkan cerita tentang memenuhi keinginan atau melakukan hal yang tidak bisa dilakukan sewaktu masih di dunia lamanya. Di dunia barunya, dengan menggunakan ingatan masa lalu yang masih melekat pada dirinya, seorang tokoh utama bisa memulai ceritanya dari awal dan berusaha keras agar kejadian buruk masa lalu miliknya tidak terulang di dunia barunya.

Akan tetapi, karena terlalu populer dan terlalu banyak orang yang membuat cerita pendek dengan genre isekai, mulai banyak penerbit yang melarang penggunaan genre ini. Penerbit terkenal dari Jepang, Kadokawa pun melarang cerita yang bertema isekai pada anime, manga dan novelnya pada tahun 2017.

5 contoh anime isekai  terpopuler pada 5 tahun terakhir

  1. Tate no Yuusha no Nariagari

Pemeran utama, Naofumi, pada seri ini tidak sengaja pindah ke isekai karena membuka suatu buku di perpustakaan. Namun tidak hanya ia yang berpindah ke isekai. Ia terpaksa pindah ke isekai dengan 3 orang lainnya. Masing-masing orang akan menjadi pahlawan dan mendapatkan senjata legendaris di dunia barunya. Akan tetapi Naofumi hanya mendapatkan satu perisai tanpa senjata. Pahlawan-pahlawan lainnya dapat dukungan moral dan finansial penuh dari kerajaan kecuali Naofumi. Naofumi dijebak dan dirampas semua hartanya oleh kerajaan dan pahlawan lainnya. Setelah merasakan semua ketidak-adilan yang menimpanya, ia menyimpan dendam pada mereka semua dan terpaksa memulai hidupnya tanpa memiliki apapun.

  1. Tensei Shitara Slime Datta Ken

Pemeran utama terpaksa pindah ke isekai karena menjadi korban tusuk lari oleh seseorang yang tidak dikenal. Di dunia barunya, ia terlahir kembali sebagai slime yang bisa menyerap semua yang ia sentuh. Di suatu goa, ia bertemu seekor naga yang sangat kuat namun terkunci dalam kristal. Setelah terlahir kembali menjadi slime, Rimuru, berbicara dengan naga tersebut dan setuju untuk melepasnya dari goa tersebut dengan menyerap naga itu ke tubuhnya. Namun, yang ia tidak ketahui adalah naga tersebut sebenarnya adalah eksistensi yang sangat penting di dunia tersebut. Dari sana petualangannya dimulai.

  1. Youjo Senki (the Saga of Tanya the Evil)

Pemeran utama, pindah ke isekai karena tertabrak kereta setelah ia didorong oleh teman satu koleganya. Terlahir kembali ke dunia lain baru dengan setting waktu masa lalu dengan pengetahuan hidupnya yang lama membuat Tanya yang menempuh jalan militer mampu naik pangkat pada usia yang sangat muda. Pada usia 12 tahun pun ia sudah menjadi kapten dan memimpin perang.

  1. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

Pemeran utama, Satou Kazuma pindah ke isekai karena penyakit jantung karena hampir tertabrak traktor. Ia terlahir kembali di dunia fantasi baru dan bertemu dengan dewi dunia baru tersebut bernama Aqua. Setelah diberi pilihan apa saja yang diinginkan di dunia barunya, Kazuma memilih Aqua sendiri untuk ikut bersamanya di dunia barunya. Aqua pun ikut tertarik turun ke dunia, mereka lalu membuat party dengan seorang penyihir perempuan yang hanya terobsesi dengan sihir ledakan dan seorang knight perempuan kuat yang masochist. Dengan komposisi party yang aneh, petualangan mereka pun dimulai.

  1. Re:Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Sampai sekarang masih belum jelas bagaimana pemeran utama bisa pindah ke isekai. Ingatan terakhirnya adalah ia pergi ke convenience store, tiba-tiba semua menjadi buram, lalu ia pindah ke isekai. Seri ini sangat populer dan menjadi salah satu seri yang jangan dilewatkan.

Konsep dari isekai sebenarnya berasal dari literatur klasik Jepang seperti Urashima Tarou yang menyelamatkan kura-kura dan diajak pergi ke kerajaan bawah laut dan meluangkan waktunya disana selama 4 sampai 5 hari. Akan tetapi ketika ia kembali ke permukaan, ia menemukan bahwa waktu telah berjalan selama 300 tahun ke masa depan. Lalu pada tahun 2002 genre isekai menjadi populer oleh anime seperti dothack, Sword Art Online dan Zero no Tsukaima.

Danar Taruna Pamungkas