Movie Screening: “Shiko Fun Jyatta”

Semangat Sumo, begitulah yang ingin disampaikan oleh film ini. Film yang disutradarai oleh Masayuki Suo pada tahun 1992 ini meraih penghargaan sebagai Film terbaik dalam ajang Japan Academy Prize.

Film yang mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Shuhei yang masuk ke dalam tim Sumo di sekolahnya bukan atas keinginannya. Tim Sumo ini hampir mati karena tidak ada satu pelajarpun yang berminat masuk. Saat itu baseball, karate dan sepakbola lebih digandrungi. Dari ketidaksukaan Shuhei mengalirlah kelucuan-kelucuan alami yang disebabkan karena kekurang tahuannya tentang olahraga yang mengharuskan pesumo menggunakan “mawashi” atau celana khusus tersebut. Sampai pada akhirnya semangat pesumo dalam dirinya tumbuh alamiah bersama anggota-anggota lainnya serta kemenangan timnya.

ingin tahu seperti apa cuplikan film ini? http://www.youtube.com/watch?v=RLRQDLkgaxE

Di Binus, film ini menjadi pembuka SUMO TOURNAMENT yang akan diadakan di Jakarta pada tanggal 24-25 Agustus 2013 di Istora Senayan. SUMO TOURNAMENT ini  adalah bagian dari peringatan 55 tahun hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang. Sebelum pemutaran film, diadakan Public Lecture tentang asal mula dan perkembangan SUMO oleh Mr. Yusuke Shindo  selaku Minister Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang Jakarta.

Kebon Jeruk-20130802-01281