Kesan Mahasiswa Wakayama Pada Acara Wasabi 2015

Hari ini kita mendapatkan surat dari Mahasiswa Wakayama Daigaku terhadap acara Wasabi 2015. Surat tersebut ditulis oleh Takumi Yanagihara-san.

2015年3月11日水曜日にBINUS大学を訪問させてもらいました。まず最初に印象的だったことは大学の建物の大きさでした。想像していたより大きく驚きました。そして、教室に入りホームステイ先の学生や日本語学科の学生たちが華やかにお出迎えをしてくれて感激しました。

大学案内を終え、劇を通して互いの国の文化紹介を行いました。学年ごとに劇を行ってくれて、日本語のうまさに驚きを隠せませんでした。特に司会をしていた学生は発音も上手で普段どのように勉強しているのかが気になりました。

一番印象深いのが最後の誕生日についての劇でした。日本では誕生日を迎えた子はみんなに祝われ、何かをプレゼントしてもらったり食事をおごってもらったりします。しかし、インドネシアでは誕生日の子がみんなに食事をおごらなくてはなりませんでした。このことを私はまったく知らなくて驚きました。

最後に、日本語学科のキャンパスに移動してパフォーマンスを行いました。Ache地方の伝統的なダンスから現在流行っているダンスなど様々なものを披露してもらいとても楽しかったです。最後にみんなが「ひまわり」を歌ってくれたときは感動しました。

1日という短い間でしたが本当に楽しく驚くことがたくさんありました。機会があれば再び交流したいです。ありがとうございました。

Yanagihara-san terkejut mengatakan kalau dia terkejut dengan beberapa hal ketika dia datang ke Binus. Dia terkejut dengan betapa besarnya gedung kampus Anggrek, kemahiran berbahasa Jepang mahasiswa Japanese Departement Binus University, terutama dengan MC acara penyambutan Reza. Yanagihara-san penasaran dengan cara belajar para mahasiswa Japanese Departement Binus.

Dari acara pertukaran budaya yang dilakukan, Yanagihara-san terkejut ketika menemukan fakta mengenai orang yang berulang tahun di Indonesia. Di Jepang adalah biasa bagi orang yang berulang tahun untuk mendapatkan berbagai macam hadiah dan ditraktir oleh teman-temannya. Tapi di Indonesia justru berlaku sebaliknya, orang yang berulang tahun yang harus mentraktir teman-temannya. Ini adalah hal yang baru.

IMG_3013

Bagi Yanagihara-san dia sangat senang ketika bisa menyanyikan lagu Himawari (Soundtrack Doraemon Movie Stand By Me) bersama-sama dengan seluruh mahasiswa Binus. Satu hari kunjungan penuh dengan berbagai macam hal yang membuat dia kaget. Tapi itu tidak membuat dia kapok, melainkan ingin untuk datang lagi ke Indonesia suatu saat nanti.

Terima kasih untuk para mahasiswa Japanese Departement Binus yang telah turut menyukseskan acara Wasabi 2015.

IMG_2966