Study Abroad : Suviana Sumarga

 

image001

Setiap tahun Japanese Departtement memberikan kesempatan untuk Binusian Japanese Departement untuk merasakan bagaimana rasanya untuk tinggal di Jepang secara langsung.

Tapi apa sih manfaat yang di dapat dengan pergi ke Jepang? Kali ini ada teman kita Suviana Sumarga yang akan membagi pengalamannya bersama dengan kita semua.

Di institusi mana kamu belajar?

Wakayama College of Forgein Language

Bagaimana kesan selama belajar di sana?

Saya merasa sangat terbantu dengan pembelajaran yang dilakukan disini. Walaupun awalnya sulit mengikuti, namun sekarang saya sudah terbiasa. Guru-guru yang mengajar juga sangat baik dan sabar. Mereka selalu bercerita tentang Jepang dan kejadian-kejadian yang sedang terjadi di Jepang. Hal itu membuat saya tahu seperti apakah Jepang di mata orang-orang Jepang itu sendiri langsung dari mereka dan menjadikan proses pembelajaran menjadi pengalaman yang menarik.

Bagaimana kesan kamu akan Kota Wakayama?

Setelah tinggal disini selama 8 bulan, saya dapat mengatakan bahwa hidup disini jauh lebih praktis dan aman daripada Jakarta. Kekurangannya adalah di betapa sedikitnya penduduk kota disini dan rata-rata adalah orang lanjut usia. Sebelum datang kesini saya pikir orang Jepang sangat menaati peraturan tapi ternyata rata-rata pejalan kaki dan pesepeda melanggar lampu lalu lintas. Disitu saya menyadari bahwa apa yang kita baca dan dengar tidak selalu sesuai dengan kenyataan

 

Bagaimana pengalaman melakukan part-time job di Jepang?

Banyak sekali. Saya yang awalnya tidak pernah bekerja sama sekali harus mulai bekerja dan itupun di negara yang masyarakatnya terkenal dengan etos kerja mereka yang keras. Saya mendapat arubaito sebagai konbini staff dan kitchen staff. Kedua tempat itu pekerjaannya sangat berbeda tapi yang ditekankan sama, yaitu kerja keras. Teman kerja saya pun semuanya bekerja dengan amat sangat serius. Ada juga yang terang-terangan selalu berkata malas bekerja, namun pada kenyataannya mereka bekerja sekeras yang lain. Pengalaman arubaitolah yang paling membuka mata saya dan yang paling menarik karena saya dapat terjun langsung dan merasakan seperti apa masyarakat dan budaya mereka.