Seminar & Bedah Buku : Sintaksis Jepang 15 Juni 2015

Pada tanggal 15 Juni 2015, Japanese Departement Binus bekerja sama dengan Binus Media Publishing menyelenggarakan acara bedah buku karangan Prof Sheddy N Tjandra.berjudul Sintaksis Jepang. Acara yang berbentuk talkshow ini dipandu oleh Bapak Rudi Hartono yang berlaku sebagai moderator acara bedah buku.

2015-06-15 10.14.25

Prof Tjandra yang merupakan satu-satunya Profesor di Indonesia yang meneliti mengenai Linguistik Jepang mengarang buku ini dengan harapan akan sebuah buku yang representatif mengenai Linguistik Jepang.

Sebagai reviewer Japanese Departement Binus mengundang Dekan Fakultas Sastra dari Universitas Nasional yaitu Ibu Fadillah. Ibu Fadillah atau lebih dikenal dengan nama Uchu Fadillah, merupakan salah satu pengajar bahasa Jepang yang mengidentifikasi salah satu kekurangan dari pengajaran Linguistik Jepang di Indonesia adalah tidak adanya buku yang representatif mengenai Linguistik Jepang secara mendetail. Contohnya pada ilmu Sintaksis, bagaimana sebenarnya ilmu sintaksis akan sangat membantu mahasiswa ketika dia berusaha untuk membuat sebuah kalimat yang baik dan benar.

Setelah Ibu Fadillah dan Prof Tjandra memberikan kuliah mengenai Sintaksis Jepang, selaku moderator Pak Rudi Hartono Manurung mengajukan beberapa pertanyaan baik mengenai tanggapan Bu Uchu Fadillah mengenai buku Sintaksis Jepang, apa yang mendasari Prof Tjandra menulis buku Sintaksis Jepang, dan apa rencana buku Prof Tjandra berikutnya.

2015-06-15 11.27.48

Di akhir acara Prof Tjandra memberikan tanda tangannya sebagai kenang-kenangan bagi para hadirin yang hadir dan membeli buku Sintaksis Jepang.

2015-06-15 11.53.21