Share Artikel : “Something Dreadful Happened in the Past”: War Stories for Children in Japanese Popular Culture

Dear Binusian Japanese Departement, hari ini kita akan share tentang satu artikel menarik yang bisa kalian baca. Bagi kalian yang tertarik tentang Sejarah dan Budaya Populer ini merupakan salah satu artikel yang kalian wajib baca. Siapa tahu ini bisa jadi inspirasi kalian dalam membuat skripsi.

Artikel tersebut dapat kalian temukan di sini.

Dalam artikel ini Akiko Hashimoto seorang sosiolog asal Jepang menulis tentang kesulitan untuk mengajarkan sejarah Jepang kepada generasi muda. Hal ini dikarenakan karena sejarah bangsa Jepang di mana mereka mengalami kekalahan di perang dunia II, selain itu intervensi dari pemerintah menyebabkan kesulitan bagi para akademisi untuk menyampaikan kebenaran terhadap apa yang sebenarnya terjadi di perang dunia ke II terhadap generasi muda.

Tapi hal ini berbeda dengan media populer, dalam artikel ini terutama dibahas mengenai Manga. Akiko Hashimoto menunjukkan bagaimana media populer seperti manga, menjadi salah satu media penyampaian sebuah memori kelam bangsa Jepang ke generasi berikutnya. Tidak hanya pada komik sejarah yang bercerita tentang kebenaran sejarah secara langsung, tapi juga melalui cerita seperti Doraemon sekalipun.

Silahkan kalian dapat membaca artikel ini. Semoga berguna untuk pembelajaran kalian.