Hokuriku Winter Contest 2016

Pada tanggal 22 Desember 2015 lalu telah diadakan perlombaan yang diadakan setahun sekali oleh Hokuriku University. Perlombaan tersebut dinamakan “Nihongo Contest” (北陸大学留学生別科 日本語コンテスト). Perlombaan ini terdiri dari 2 perlombaan sesuai kelasnya, yaitu lomba pidato dan lomba presentasi. Perlombaan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa asing yang sedang menempuh ilmu bahasa Jepang di Hokuriku University. Pada pagi hari, diadakan seleksi oleh para Sensei secara per kelas. Para peserta yang lulus seleksi terdiri dari 2 mahasiswa dari Indonesia, yaitu Ardi Harianto dan Josias Stephen Mulyono. Dan selebihnya adalah mahasiswa dari China. Para peserta masing-masing mewakili kelasnya untuk lomba pada siang harinya.

Singkat kata, Ardi menampilkan pidato yang berjudul “Yasumi no Yotei”, atau “Rencana Liburan”, sedangkan Josias menampilkan presentasi dengan topik “Wabi Sabi”, atau “Konsep Jepang yang Melihat Keindahan Dalam Suatu Ketidaksempurnaan”. Dan, Ardi dan Josias pun berhasil mewakili kelasnya meraih peringkat tiga besar.

Dikarenakan pada tanggal tersebut merupakan hari terakhir perkuliahan sebelum memasuki liburan musim dingin, maka pada malam harinya pun diadakan pesta bersama. Dalam pesta tersebut terdiri dari serangkaian acara menarik, seperti games, band, nyanyian, dance, dan door prize. Dalam acara tersebut Josias bersama partner kelasnya sebagai MC. Kemudian, kelas Josias menampilkan dance berjudul “Koisuru Fortune Cookie”. Dan, Ardi menampilkan nyanyian solo dengan lagu berjudul “Shizen ga Motarasu Shiawase”. Menurut Ardi dan Josias, ini merupakan pengalaman yang menarik, unik, dan berharga, karena dapat mewakili nama Indonesia dan juga Binus University di ajang perlombaan ini.