Wasabi 2016

Ohayou Gozaimasu, minasan. Pada hari Senin, tanggal 14 Maret lalu merupakan hari perayaan acara tahunan sastra Jepang BINUS yang bernama WASABI. Tidak seperti WASABI yang kita kenal yang biasanya ada di restoran sushi, WASABI merupakan acara pertukaran budaya para mahasiswa sastra Jepang BINUS University dengan mahasiswa Wakayama University. Sastra Jepang BINUS University bersama dengan Wakayama University melakukan pertukaran budaya Indonesia dan Jepang. Kunjungan ini bertujuan supaya kedua universitas dapat saling mengenal budaya pada masing-masing negara dan juga pada generasi muda agar para mahasiswa memiliki kemampuan interaksi antarbudaya yang lebih baik.

Acara diawali dengan kata sambutan dari dosen native sastra Jepang BINUS, Nakamura-Sensei, kemudian dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan dari mahasiswa BINUS, dan dilanjutkan dengan persentasi dari beberapa grup dari mahasiswa BINUS dan mahasiswa Wakayama. Selesai presentasi, mahasiswa Wakayama diajak untuk melakukan campus tour di kampus Anggrek yang dipandu oleh mahasiswa BINUS dari masing-masing tingkat.

Berikutnya acara dilakukan di kampus Kijang. Baik mahasiswa BINUS maupun Wakayama, keduanya saling mempersembahkan beberapa performance. Sebagai pembuka acara, mahasiswa BINUS mempersembahkan performance taiko, kemudian disusul dengan performance-performance lainnya seperti nyanyian, tarian, dan diakhiri dengan drama yang lucu. Kemudian mahasiswa-mahasiswa dari Wakayama juga mempersembahkan performance berupa tarian.

Di penghujung acara, para mahasiswa BINUS dan Wakayama berkumpul menjadi satu dan menari bersama-sama. Setelah acara selesai, para mahasiswa Wakayama melakukan homestay di rumah mahasiswa BINUS.

Semoga dengan adanya acara ini, hubungan antara BINUS University dan Wakayama University dapat semakin erat dan terus bertahan setiap tahunnya.

Otsukaresamadeshita, mina-san.

Berikut foto-fotonya :

wasabi01 wasabi02 wasabi03