Pengalaman Bahasa di Jepang

Oleh: Muhamad Rivky Rachmadi 1801392390

 

   Selama kurang lebih tinggal hampir sebulan di Wakayama, Jepang, cukup banyak pengalaman yang saya alami terutama bahasa. Dari hari pertama sampai di Wakayama, bahasa yang dipakai staff sekolah cukup mudah dipahami dan mereka menggunakan bahasa Jepang yang formal. Hari ke-2 kita melakukan placement test dan saya dapat kelas初中級1kemudian hari itu juga langsung masuk belajar, padahal badan masih lelah dan kepala masih pusing, ya tapi apa boleh buat.

              Sebetulnya saya tidak menyesesal masuk kelas tersebut dan harus mengulang Minna no Nihongo II dari bab 38, mulai pelan-pelan merupakan hal terbaik untuk saya agar tidak shock. Mayoritas dari sekolah tersebut adalah orang China. Kelas saya sudah mulai dari 6 bulan yang lalu tetapi rata-rata mereka masih kesulitan untuk membaca hiragana dan katakana. Mereka selalu berkomunikasi dengan bahasa mandarin, bahkan ada satu orang yang keberatan duduk disamping saya karena saya tidak bisa bahasa mandarin.

              Seminggu berlalu, saya melamar kerja di pabrik sayur, proses kerjanya sangat higienis, para karyawanya cukup ramah. Walaupun siang atau malam, sapaan yang kita gunakan selaluおはよう, agar kita tetap semangat bekerja. Banyak pekerja asing seperti Vietnam, China dan juga Indonesia. Rata-rata mereka dapat berkomunikasi dengan bahasa Jepang. Pada suatu hari saya ditempatkan kerja bersama ibu-ibu lansia dan mereka berbicara menggunakan logat kansai. Mereka bicara dengan cepat dan yang saya dengar cuma kumur-kumur dan ~な atau ~や pada akhirannya. Dan saya harus bertahan selama 4 jam mendengar pembicaraan mereka yang saya tidak pahami sama sekali.

           Saya sendiri untuk berkomunikasi masih berpikir dan terikat dengan teori yang sudah dipelajari, sementara orang Jepang berbicara tidak terlalu memikirkan grammar yang penting maknanya tersampaikan. Masih banyak hal-hal yang perlu saya pelajari selama disini dan saya tidak sabar untuk pengalaman dan petualangan yang mengunggu saya di depan.

rivky 1

Muhamad Rivky Rachmadi