PENGALAMAN JEPANG DARI SUDUT BAHASA

oleh: Yohana Hoetama | 1801393670

 

Kebanyakan orang yang ada di Wakayama berbicara dengan Kansai ben. Terkadang ketika saya sedang makan didalam restoran dekat sekolah, mereka berbicara dengan Kansai ben dan saya tidak mengerti sama sekali yang mereka bicarakan selain Okini, yang mempunyai arti yang sama dengan Arigato Gozaimasu. Tetapi, mereka cepat menangkap bahwa saya tidak mengerti Kansai ben sama sekali dan mengganti ke bahasa Jepang yang mudah saya mengerti.

Di restoran yang sama, mereka juga menyediakan menu dalam bahasa inggris, walaupun inggrisnya tidak sempurna, tetapi saya masih mengerti apa yang dimaksud dan mempermudah untuk berkomunikasi. Saya juga mengalami kesusahan ketika saya ingin membuat akun bank di MUFG dan juga membuat Pocket Wifi di toko AU karena karyawan-karyawannya rata-rata tidak bisa berbicara bahasa inggris sama sekali dan juga memakai bahasa sopan, tetapi, untungnya mereka mau berbicara bahasa Jepang yang mudah saya mengerti.

Ketika pelajaranpun, saya menyadari bahwa guru-guru yang mengajari saya terkadang terang-terangan ketika ada teman saya yang berisik ataupun memainkan hapenya ketika pelajaran berlangsung dengan mengatakan bahwa ia akan membuang hape tersebut jika teman saya berani memainkan hapenya lagi.

yohana 1

Yohana Hoetama