Kimi no Na wa

Berikut ini adalah hasil karya Mahasiswa Semester 7 untuk matakuliah Translation of Japanese Newspaper (N1282).

Kimi no Na wa

“Kimi no Na wa”, atau dalam judul bahasa Inggris “Your Name”, adalah sebuah film animasi yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Mitsuha Miyamizu (voice actor: Mone Kamishiraishi), yang tinggal di pedesaan dan seorang remaja laki-laki bernama Taki Tachibana (voice actor: Ryunosuke Kamiki) yang tinggal di Tokyo. Beberapa nama terkenal juga ikut serta dalam pengerjaan film ini, antara lain Tanaka Masayoshi (Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai) sebagai character design dan Masashi Andou (Mononoke Hime) sebagai animation director. Komentar salah satu penonton ketika ditanyai mengenai responnya terhadap film animasi ini adalah “Fantastis dan alur cerita yang luas, ditambah lagi dengan animasi yang mendetail dan halus setiap scene-nya”.

             Film animasi “Kimi no Na wa” ini sudah ditayangkan beberapa negara, salah satunya Korea. Di Korea, Toho mencatat film animasi “Your Name” ini langsung menjadikannya nomor satu pendapatan box office paling banyak dalam sehari penanyangan film. Ini adalah pertama kalinya dalam 13 tahun film buatan Jepang menjadi peringkat nomor satu di Korea setelah film “Howl’s Moving Castle” tahun 2004 silam lalu. Film ini populer tidak hanya di Korea, tetapi juga menjadi peringkat nomor satu di Jepang, Taiwan, Thailand, Hong Kong, dan Cina. Tidak hanya di Jepang, Korea, Taiwan, Thailand, Hong Kong, dan Cina, film animasi ini juga akan ditayangkan di Filipina. Pada hari Sabtu (10 Desember 2016) siang, pihak SM Cinema mengonfirmasi penayangan film tersebut pada laman mereka. Disutradarai oleh Makoto Shinkai (5 cm per Second), seorang direktur Jepang yang telah dibanding-bandingkan dengan sutradara Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli, “Kimi no Na wa” telah berhasil mencuri hati penonton bioskop di Jepang sejak dirilis bulan Agustus lalu. “Kimi no Na wa” menjadi peringkat nomor satu dalam sembilan minggu, sebelum bertahan pada peringkat kedua setelah “Fantastic Beasts and Where to Find Them,” sebuah film spinoff dari seri Harry Potter. “Kimi no Na wa” adalah film Jepang kedua yang tayang di Filipina setelah live action “Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April). Selain memenangkan penghargaan Los Angeles Film Critics Association, film ini juga masuk menjadi consideration list untuk nominasi Oscar dalam katagori Best Animated Feature. (Beriane)

Disadur dari referensi berikut:
http://news.kstyle.com/article.ksn?articleNo=2060800
http://www.sankei.com/entertainments/news/170106/ent1701060022-n1.html
http://news.abs-cbn.com/entertainment/12/11/16/japans-smash-hit-kimi-no-na-wa-to-be-shown-in-ph
http://www.antaranews.com/berita/600034/anime-%E2%80%9Ckimi-no-nawa%E2%80%9D-menang-penghargaan-los-angeles-film-critics-association

 

Silvi Beriane