Mikoshi – Kuil Kecil Pengantar Dewa

Tahukah kalian apa itu Mikoshi? Bila kalian suka ke event festival budaya Jepang, kalian akan sering melihat arak-arakan dimana kuil kecil diangkat oleh banyak orang-orang mengelilingi jalan di sekitar event. Kuil kecil yang diangkat itu disebut dengan Mikoshi. Mikoshi merupakan tunggangan yang dinaiki dewa, kebanyakan dari mikoshi tersebut memiliki bentuk seperti kuil yang kecil. Namun ada juga mikoshi yang memiliki bentuk unik seperti Kuil Taogata yang berbentuk seperti alat kelamin manusia. Mikoshi juga biasa disebut dengan sebutan omikoshi yang memiliki arti yang sama. Hanya saja omikoshi dianggap lebih sopan ketika diucapkan dengan bahasa Jepang. Kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang Mikoshi. Bagi orang luar negeri, mikoshi paling mudah dijelaskan sebagai “Kuil yang dapat digotong.”

Mikoshi dipercaya sebagai transportasi untuk dewa. Maka dari itu, mikoshi memiliki bentuk seperti kuil. Lalu, kuil tersebut terdapat batang kayu di bawahnya yang berfungsi sebagai tandu untuk digotong oleh orang-orang.  Ukuran mikoshi pun beragam ada yang besar dan ada yang kecil.  Orang Jepang percaya ukuran besar kecil mikoshi bukan merupakan tindakan penghinaan kepada dewa. Dewa yang dipercaya berada dalam mikoshi tersebut pun bisa berbeda tergantung dengan kepercayaan orang yang menyembah kuil tersebut.

Pada atap mikoshi terdapat patung burung phoenix atau houou. Walaupun burung phoenix dianggap sebagai makhluk yang fiktif, burung tersebut tetap dianggap sebagai keberadaan yang dihormati oleh banyak masyarakat Jepang. Phoenix juga diakui sebagai makhluk yang sakral dan diketahui sebagai pembawa pertanda baik

Mikoshi sendiri digotong dengan menggunakan ritme dan irama tertentu agar mempermudah pawai. Pada festival budaya Jepang di Indonesia, mikoshi yang kecil biasanya diangkat oleh anak-anak, sedangkan mikoshi yang besar biasanya diangkat oleh orang dewasa. Lalu, biasanya diatas omikoshi besar, ada beberapa anak perempuan yang bermain taiko mengiringi irama gotongan mikoshi tersebut.

 

Bagaimana? Tertarik dengan mikoshi? Kalian bisa melihat mikoshi di event Jepang seperti Jak-Japan Matsuri pada tanggal 8 dan 9 September 2017 nanti. Atau mungkin kalian juga bisa mendaftar sebagai sukarelawan pada event budaya Jepang lain untuk mendapat pengalaman bagaimana rasanya mengangkat mikoshi. Jika kalian tertarik silahkan cek di link ini.

Sumber:

http://www.rodgersandcolpa.com/mikoshi_pc/about4.php
http://www.dannychoo.com/ja/post/25796/
https://tokyobling.wordpress.com/
http://traveljapanblog.com/wordpress/2009/09/
JAR