Ekibento Solusi Perut Lapar di Kereta

Apakah kalian termasuk orang yang suka makan atau ngemil pada saat di kereta ? Tahukah kalian bahwa di stasiun kereta Jepang tersedia bento khusus yang dijual untuk para pengguna kereta ? Jenis dan rasanya juga ada berbagai macam, lho. Mari kita bahas!

Ekiben atau EkiBento merupakan bento yang dijual pada stasiun-stasiun kereta atau pada di dalam kereta itu sendiri. Jenis-jenis ekiben yang dijual di stasiun berbeda-beda setiap daerah. Ada ekiben yang memang difungsikan sebagai makanan saja, tapi ada juga yang menjual ekiben dengan bentuk kotak makan yang unik dan ada juga yang bisa dijadikan souvenir atau oleh-oleh.

Makanan yang ada pada ekiben sendiri bermacam-macam. Setiap daerah di Jepang memiliki ekiben khusus yang berbeda dari yang lain. Contohnya di daerah Sendai ada yang menjual ekiben yang berisi nasi dengan lauk lidah sapi. Atau di Hokkaido yang terkenal dengan Ikameshi ekibento-nya. Ikameshi  sendiri merupakan cumi berisi nasi yang sudah dibumbui dengan bumbu khusus.

Terlihat lezat kan ? Tidak hanya itu saja, banyak orang Jepang yang menganggap ekiben sebagai salah satu kuliner penting. Bahkan ada kontes yang diselenggarakan untuk menentukan ekiben daerah mana yang paling terkenal. Kontes ini diadakan di daerah Shinjuku dan sudah 51 kali dilaksanakan. Jika kalian mengerti Bahasa Jepang kalian bisa melihat urutan nya di website ini https://www.keionet.com/info/shinjuku/ekiben/best10.html

Bagaimana? Apakah kalian tertarik? Harga 1 kotak ekiben berkisar sekitar 500¥ sampai 1500¥ tergantung dari jenis makanan dan kotak makan yang disediakan. Tidak terlalu mahal bukan ? Jika kalian salah satu orang yang suka menggunakan kereta di Jepang, ekiben ini bisa jadi solusi kalian dari perut lapar.

https://wow-j.com/en/Allguides/other/food/00767_en/

https://matome.miil.me/articles/OSzT7

http://smacho.jp/2015/03/16/1013

J.A.R.