“katana membawa samurai”?

Tahukah kalian tentang samurai? Tahukah kalian apa itu katana? Masihkah kalian suka terbalik dalam penyebutannya? Nah, kali ini kita akan menjelaskan perbedaan dari samurai dan katana.

Di Indonesia masih banyak orang yang salah dalam membedakan samurai dengan katana. Ada yang mengatakan “seorang perampok membawa samurai”, tapi sebenarnya itu sangat salah. Berikut adalah penjelasannya.

Samurai merupakan prajurit tentara Jepang pada zaman kerajaan. Para samurai biasanya memiliki klan dan bertugas untuk melayani tuannya yang biasa disebut dengan daimyo. Asal kata Samurai adalah samurou yang merupakan bahasa Jepang kuno, lalu beruba menjadi sabura, dan akhirnya berubah lagi menjadi samurai yang artinya “melayani”.

Sedangkan katana adalah sebuah senjata pedang dari Jepang yang biasa dipakai oleh samurai untuk melawan musuhnya. Bentuknya panjang, sedikit melengkung, dan memiliki satu bagian tajam. Katana biasanya digunakan untuk memotong dan biasanya menggenggam menggunakan 2 tangan.

Sangat berbeda, kan? Mulai dari samurai yang sebenarnya adalah prajurit atau orang yang menggunakan katana, dan katana adalah senjata yang digunakan oleh samurai itu sendiri. Sudahkah kalian bisa membedakannya?

http://en.rocketnews24.com/2015/06/22/samurai-fashion-guide-should-you-wear-your-sword-blade-up-or-blade-down/

https://en.wikipedia.org/wiki/Katana

https://en.wikipedia.org/wiki/Samurai

J.A.R.