Short Course 2017 – Testimoni Amanda Ramadhani

Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman baru dari kegiatan Japan Study Tour ini. Sebelumnya saya belum pernah menapakkan kaki di Jepang dan ini adalah salah satu kesempatan saya. Disana saya juga belajar banyak hal yang tentunya sangat bermakna dan dengan cara yang tidak membosankan. Saya memiliki kesempatan untuk merasakan dan mempelajari Jepang secara langsung, tidak hanya bersumber pada buku dan belajar dikelas seperti biasanya.

Pada saat sampai di Wakayama saya tinggal Bersama host family yang sangat baik. Disini saya menerapkan Bahasa Jepang yang selama ini telah saya pelajari walaupun tentunya saya harus belajar lebih giat lagi. Dengan tinggal dirumah host family ini saya mengetahui banyak kebudayaan Jepang dikehidupan sehari-hari. Contohnya seperti makanan yang disajikan, tidur menggunakan futon, kamar mandi, dan tata cara menggunakan ofuro. Selain itu, program Wakayama sendiri juga memberi kesempatan untuk dapat mengunjungi tempat-tempat yang selama ini kita pelajari dibuku maupun komik. Tidak hanya kota Wakayama saja, kami juga mengunjungi Kota Nara, Kyoto, dan Osaka dengan tempat-tempat khas masing-masing. Kita pun dapat mengenal Wakayama University dan bercengkrama dengan mahasiswa di Wakayama University. Selain mengunjungi beberapa tempat yang sangat menarik, kami juga disajikan dengan kegiatan yang tak kalah menarik seperti membuat mochi dengan isi strawberry dan meminum ocha. Disana, kami mempelajari bagaimana kehidupan di Jepang dari membeli minuman di jidouhanbaeki dan naik angkutan umum yang salah satunya adalah kereta. Tentunya kami pun dijaga oleh sensei-sensei kami yang sangat luar biasa.

Saran dan harapan saya untuk kegiatan Japan Study Tour berikutnya adalah dengan mengunjungi beberapa tempat yang lebih menarik lagi dan dengan kepanitiaan yang lebih baik lagi. Untuk teman-teman yang akan mengikuti kegiatan ini, saya berharap teman-teman dapat menikmati program ini dan mempersiapkan program ini sebaik mungkin.