DIY : Buat Flash Card Kanji!

Menjelang UTS, teman-teman pasti mulai gelisah dengan persiapan ujian. Nah, di hari Jumat, 2 November 2018 kemarin, klub Tezukuri berkreasi dalam membuat kerajinan tangan yang dapat membantu proses belajar teman-teman, yakni flashcard kanji!

 

Flashcard kanji adalah kartu-kartu kecil yang disatukan oleh card ring dan berisikan informasi-informasi tentang suatu kanji. Seperti yang kalian lihat di foto, flashcard kanji memiliki berbagai macam format: ada yang ditulisi furigana, ada yang ditulisi arti, ada juga yang hanya ditulisi kanji. Rahasianya ada di halaman belakang kartu… yaitu semua informasi mengenai kanji yang bersangkutan. Isi flashcard kanji memang bebas, sesuai dengan kebutuhan si pembuat.

 

Anggota klub tezukuri membuat flashcard kanji dengan sangat serius. Satu lembar kertas A4 berwarna dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dibolongi dan dipasangi ring. Sayang, beberapa anggota klub kehabisan card ring. Tapi bukan tezukuri namanya bila menyerah di sana. Sebagai pengganti card ring, pita diikatkan di lubang kartu. Jadilah flashcard kanji low budget! Dalam kurun waktu 2 jam, semua anggota klub pun menyelesaikan karya mereka.

Kanji memang menjadi tantangan tersendiri dalam belajar bahasa Jepang. Tapi kalau sudah ada flashcard kanji, belajar tentu menjadi mudah. Tanpa membawa buku kanji yang besar dan berat, semua informasi dapat diraih.

 

Kalau kalian, bagaimana cara persiapan ujian kalian?