2 Kanji Cinta Dalam Bahasa Jepang

Sebentar lagi tidak terasa sudah akhir tahun 2018, ya. Di antara kalian mungkin akan menghabiskan waktu dengan keluarga, teman, atau mungkin pasangan. Nah, ngomong-ngomong pasangan, tentunya kita tidak akan lepas dari kata 1 ini, kata “cinta”.

Jika kalian mencari kata cinta di kamus Indonesia-Jepang, akan muncul lebih dari 1 kata, yaitu 「恋」koi dan「愛」ai. Tahukah kalian apa bedanya kedua kata tadi? Yuk, simak ulasan singkat mengenai 「恋」koi dan「愛」ai di artikel kali ini.

Secara arti kata 「恋」koi dan 「愛」ai memiliki  arti yang sama, yaitu cinta. Namun, secara definisi 「恋」koi merupakan kata yang digunakan untuk menyatakan cinta terhadap orang yang benar-benar spesial dan sangat mendalam bagi kalian. Tidak seperti rasa cinta kepada orang tua atau keluarga, kata 「恋」koi lebih diperuntukkan bagi belahan jiwa/pasangan. Oleh karena itu, kata 「恋」koi sering ditemukan pada kata-kata yang seperti: jatuh hati pada pandangan pertama 「初恋」hatsukoi, surat cinta「恋文」koibumi. Tidak hanya untuk kata-kata cinta yang bernuansa positif, kata 「恋」koi sendiri juga digunakan untuk hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti putus cinta 「失恋」shitsuren, atau cinta yang berakhir pahit 「悲恋」hiren. Hm, benar juga, ya. Semua arti kata cinta tadi memang diuntukkan untuk pasangan…

Kita lihat kata berikutnya, cinta yang penggunaannya bisa digunakan lebih umum yaitu 「愛」ai. Kata ini mengandung makna sayang atau kita kasihi. Kata ini bisa diperuntukkan untuk orang, yang berarti orang yang kita kasihi/sayangi 「愛人」aijin, maupun ke hewan peliharaan, contohnya anjing kesayangan 「愛犬」aiken, negara yang kita cintai 「愛国」aikoku, bacaan kesayangan 「愛読」aidoku, mobil kesayangan「愛車」aisha, dan masih ada beberapa contoh lainnya. Mulai kelihatan beda antara 「愛」ai dan「恋」koi?

Menariknya, kedua kata tadi bisa digabungkan menjadi 「恋愛」ren’ai, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi asmara. Kata 「恋愛」ren’ai sendiri dibaca reng ai, bukan renai.

Uhm, naruhodo! Semoga kalian menjadi semakin tertarik mencari perbedaan kata lainnya, ya! Selamat menutup akhir tahun ini dengan orang yang kalian kasihi!

Referensi artikel: https://blog.gaijinpot.com/japanese-two-knji-love/

Referensi featured image: https://lovegraph.me/articles/5842

 

Hendy Reginald Cuaca Dharma