Sapporo, Festival di Dunia Salju

Indonesia terdiri atas 2 musim, yakni musim kemarau dan juga musim hujan. Ruang lingkup tropis menyebabkan kita kehilangan kesempatan untuk menikmati salju. Mungkin kita berandai untuk jalan-jalan ke luar negeri, menikmati pemandangan, dan bermain bola salju bersama teman. Jepang dapat berpotensi menjadi tujuan utama kalian. Tepatnya di Sapporo.

Festival Salju Sapporo, atau biasa disebut dengan Sapporo Yuki Matsuri, diadakan selama seminggu setiap Februari di Hokaido,  perayaan ini dimulai dari tanggal 4 hingga 11. Tempat ini merupakan salah satu lokasi wisata musim dingin favorit para turis.

Festival Salju Sapporo pertama kali dimulai pada tahun 1950. Hal ini dimulai semenjak beberapa siswa membentuk beberapa patung salju di Taman Odori. Sejak saat itu, acara ini dikomersialisasikan, dimegahkan, dan dilengkapi dengan pahatan es dan salju yang lebih hebat. Saking megahnya, lokasi wisata ini dapat menarik 2 juta pendatang dari Jepang dan seluruh pelosok dunia.

Festival salju diadakan di 3 tempat, Odori, Susukino, dan juga Tsu Dome.

Source: Japan Guide

Namun, lokasi utamanya terletak di Odori. Hal yang nampak pada saat kita mampir tidak lain adalah, patahan yang terbuat dari salju, lebernya dapat mencapai 25 meter, dan lebarnya sekitar 15 meter.

Source: Japan Guide

Susukino, lokasinya terletak di distrik entertainment terbesar Sapporo. Di sepanjang jalan yang membentang, kalian dapat melihat sekumpulan pahatan es yang cantik. Pameran ini mempertunjukkan kurang lebih 100 pahatan es. Lampu yang menerangi pameran ini berlangsung sampai jam 11 malam.

Source: Japan Guide

Jika kalian ingin lebih aktif, tidak sekadar menonton saja. Tsu Dome akan menjadi lokasi yang paling ideal bagi kalian. Tsu Dome merupakan tempat yang pas bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama. Disana terdapat seluncuran es, dengan spot untuk melakukan snow rafting (Berseluncur dengan menggunakan kapal), dan juga pahatan salju. Tempat ini dibuka pada pukul 9 pagi, sampai dengan 5 sore.

Namun, yang paling mengagetkan, festival salju ini identik dengan karakter yang sangat populer, yakni Hatsune Miku. Sebagian besar dari kalian pasti pernah mendengar tentang sosok yang satu ini. Namun bagi yang belum tahu, Hatsune Miku adalah maskot dari Vocaloid, sebuah software yang digunakan untuk membuat lagu.

Banyak komposer yang menggunakan Vocaloid sebagai perantara untuk membuat lagu, diiringi dengan video yang mendepiksikan karakter Miku. Sejak saat itu, karakter ini mendapat lonjakan popularitas yang sangat besar, dan jumlah music video yang beredar pun juga semakin banyak.

Mengikuti popularitas karakter ini, Crypton Future Media, developer dari Vocaloid pun tidak melewatkan kesempatan emas ini. Mulai dari tahun 2010 hingga sekarang, merchandise Miku yang bertemakan natal di rilis setiap tahun, masing-masing dengan design yang berbeda. Design Snow Miku tahun 2019 juga sudah di tease lho, kali ini, miku muncul dengan gaun yang megah!

Source: Snow Miku

Pahatan Es Miku juga sering terpampang di lokasi yang ramai dengan pengunjung. Sapporo, disponsori oleh Crypton, turut memajangkan karakter Hatsune Miku di berbagai tempat. Sebagai trivia, Crypton merupakan perusahaan kelahiran asal Sapporo, jadi, lokasi pengadaan eventnya bukanlah sebuah kebetulan.

Jika kalian ingin menikmati indahnya musim dingin, Sapporo, mungkin dapat menjadi kandidat utama dalam memenuhi kebutuhan jalan-jalan kalian!

Pendatang biasa dapat menikmati indahnya pahatan-pahatan es yang terpampang sepanjang jalan, dimana penggemar Vocaloid dapat membeli merchandise ekslusif disana. Menikmati keduanya sekaligus juga bukanlah hal yang mustahil!

 

 

 

 

 

Andreas