Gachapon

Jepang, merupakan sebuah Negara yang sangat maju dalam hal teknologi. Mengingat itu juga, ada banyak penemuan dari Jepang yang sangat unik, salah satunya adalah gachapon. Apa itu gachapon? Produk apa yang paling popular di dunia gachapon? Artikel hari ini akan membahas tentang gachapon dan produk paling populernya. Enjoy!

Latar belakang/pengertian

Gachapon adalah sebuah mesin penjual mainan kapsul otomatis. Sejarahnya bermula pada tahun 1960-an, dimana seorang entrepreneur bernama Ryuzo Shigeta bersama kakaknya mengekspor produk murah ke Amerika dan perusahaan yang bekerjasama dengan mereka mengirim mesin penjual buatan Amerika bernama Bulk Vendor. Jika dimasukan uang 10 yen ke mesinnya, mesin tersebut akan mengeluarkan permen dan mainan kecil dan murah, namun Shigeta kecewa dengan produk yang dikeluarkannya sangat berantakan. Lalu dia mendapat ide: “bagaimana segel barang-barang ukuran kecil dan murah di dalam kapsul plastik?” Pada tahun 1965, mesin gachapon pertama mulai dibuka di toko bernama Penny Shokai di Tokyo.

Gachapon sendiri mendapat namanya dari suara lever mesin gachapon jika diputar yang mengeluarkan suara berupa “gacha-gacha”, sementara it pon berasal dari suara kapsul plastik yang keluar dari mesin gachapon. Sekarang ini, terdapat sekitar 360000 mesin gachapon tersebar di Jepang, dan 20000 mesin gachapon di luar Jepang.

Cara membeli kapsul gachapon sangat sederhana, dan melibatkan untung atau tidak. Masukan koin yang diminta, putar levernya, dan kapsul gachapon akan keluar dari lubang mesin gachapon. Jika produk mainan/action figure yang kamu dapatkan kurang menarik atau sama seperti yang anda dapat sebelumnya, anda boleh mencobanya lagi.

Produk-produk terkenal dalam dunia gachapon

Dalam dunia gachapon, terdapat banyak produk-produk mainan dan action figure yang dijual di setiap mesin gachapon. Dan uniknya, kebanyakan produk action figure dan mainan ukuran kecil yang dijual di mesin gachapon adalah produk buatan perusahaan Bandai, yang juga membuat produk gunpla dan action figure ukuran lainnya.

Produk popular yang pertama adalah pop-team epic keychain. Pop team-epic sendiri adalah sebuah manga 4 panel dalam bentuk webcomic(komik yang dirilis di internet) bergenre komedi, yang menceritakan 2 perempuan yang akrab walaupun aneh.

Yang kedua adalah Kawaii Kawaii Neko Usagi-chan. Gachapon yang satu ini unik karena bukan sebuah mainan, action figure, ataupun gantungan kunci, melainkan sebuah topi dengan telinga kelinci untuk kucing. Topi yang sangat imut dan lembut di dijual dengan variasi warna yang berbeda.

Yang ketiga adalah Koppu no Fuchiko. Mainan produk yang dijual di gachapon ini meliputi office lady bernama Fuchiko yang selalu berpose. Gachapon yang satu ini sangat unik karena action figure ukuran kecil ini dapat ditempelin di pinggir gelas ataupun di pinggir-pinggir sesuatu lain seperti meja.

Jika anda tertarik ingin mencoba membeli mainan dalam kapsul gachapon, anda tidak perlu harus datang ke Akihabara atau tempat lain di Jepang hanya untuk mencoba mesin gachapon. Beberapa toko mainan yang selain menjual gunpla dan action figure lainnya, juga menjual mesin gachapon yang aktif dan bisa dicoba. Mall aeon juga ada mesin gachapon di department store di bagian mainan dan hobi. Beberapa restoran seperti  yang ada di mall emporium, pluit Jakarta Utara juga ada mesin gachapon yang aktif dan bisa dicoba.

Penutup

Gachapon merupakan sebuah mesin penjual produk asal Jepang yang unik, dan berkat keunikannya ini, mesin gachapon telah menjadi terkenal dan tersebar di beberapa negara, seperti Indonesia. Dan demikianlah pembahasan tentang gachapon, semoga artikel ini dapat memberi wawasan baru kepada pembaca. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Sumber:

https://www.japantimes.co.jp/life/2017/08/19/lifestyle/gachapon-tracing-evolution-japans-colorful-toy-capsules/#.XIilSskza1s

https://blog.gaijinpot.com/gachapon-japans-irresistible-capsule-toys-you-never-knew-you-needed/

https://digjapan.travel/en/blog/id=11767

https://differentville.com/a-beginners-guide-to-gachapon-in-tokyo/

https://livejapan.com/en/in-tokyo/in-pref-tokyo/in-tokyo_train_station/article-a0002071/

 

 

Sean Permana