Perlengkapan seni bela diri kendo

Kendo, yang dalam bahasa Indonesianya berarti ilmu pedang, merupakan sebuah seni bela diri asal Jepang melibatkan pemakaian pedang bambu sebagai alat utama dalam seni bela diri ini. selain itu, kendo dalam bahasa Jepangnya berarti  sword way. Namun, selain pedang bambu yang ikonik, terdapat perlengkapan lain juga memegang peran penting dalam seni bela diri kendo. Apa saja perlengkapan serta kegunaannya? Topik ini akan membahas perlengkapan dalam seni bela diri kendo. Enjoy!

Pengertian dan latar belakang

Kendo adalah sebuah seni bela diri asal Jepang. Kendo berawal dari seni pedang bernama kenjutsu yang berfokus pada swordsmanship dan muncul pada zaman Muromachi. Memasuki abad ke-19, kendo mulai dibentuk dan didirikan, walaupun pada masa Restorasi Meiji kendo mengalami stagnan. Namun sebelum memasuki perang dunia ke-2, kendo mulai diikuti banyak penduduk Jepang mengingat Jepang mulai militerisasi dan bersiap perang. Di masa kini, kendo telah menjadi salah satu seni bela diri yang terkenal dan sudah ada turnamen kendo.

Keiko-gi

Merupakan seragam berupa jubah yang sama dipakai oleh seni bela diri lainnya yaitu karate dan judo. Pada dasarnya, sebuah jaket yang terbuat dari kapas berat. Setiap keiko-gi disertakan dengan sabuk pinggang untuk mengikat jaket. Ada dua variasi warna pada keiko-gi, yaitu biru dan putih, namun kebanyakan semua keiko-gi yang dipakai di dunia seni kendo berwarna biru.

Hakama

Merupakan rok panjang tradisional Jepang. Selain dipakai untuk menghadiri acara-acara formal di Jepang, rok hakama ini juga salah satu pakaian wajib dipakai dalam dunia seni bela diri Jepang. Rok ini memberi ruang untuk gerakan kaki yang lebih luas untuk para peserta seni bela diri kendo.

Bogu

Merupakan pelindung tubuh yang wajib dipakai saat mengikuti seni bela diri kendo, karena pelindung tubuh ini dapat mencegah pemakainya mengalami cedera parah saat mengikuti seni bela diri kendo. Bogu terdiri dari:

  • Do

Merupakan bagian pelindung tubuh Bogu yang melindungi bagian atas tubuh, dada dan punggung.  Do pada umumnya dibuat dari materi berupa bamboo secara keseluruhan, tapi ada juga yang terbuat dari fiberglass dan plastik yang tahan banting kualitas tinggi.

  • Men

merupakan helm yang melindungi bagian kepala, wajah, leher, dan bahu dari serangan lawan yang bisa mengakibatkan cedera parah. Men dibuat dari materi berupa besi, kulit tebal, penutup kain, dan kain tebal.

  • Tare

Merupakan bagian pelindung tubuh yang melindungi bagian pinggang, pinggul, dan selangkangan. Tare pada umumnya dibuat dari materi berupa 3 kain yang sangat tebal.

  • Kote

Merupakan sebuah sarung tangan yang sangat tebal dan terbuat dari wol/kapas secara keseluruhan. Selain mengurangi rasa sakit jika kena serangan lawan dengan memakai pedang bambu, juga bisa menyerap keringat-keringat yang ada di tangan dan juga menghangatkan tangan saat musim dingin.

Bokuto

Merupakan senjata lain dalam seni bela diri kendo selain pedang bambu shinai. Pada dasarnya, sebuah pedang replika yang keseluruhannya terbuat dari kayu. Pedang kayu ini sering dianjurkan untuk dipakai oleh orang-orang baru dalam seni bela diri kendo. Namun sebenarnya, bokuto dan shinai tidak ada perbedaannya, jadi orang-orang yang baru mempelajari seni bela diri kendo boleh memakai antara kedua pedang tersebut. Selain kendo, bokuto juga digunakan dalam seni bela diri Aikido dan Iaido.

Shinai

Merupakan senjata ikonik dalam dunia seni bela diri kendo. Tidak seperti pedang kayu bokken, pedang yang terbuat dari bambu ini dipakai secara luas, mulai dari latihan sampai turnamen. Selain itu, pembuatannya yang lebih rumit dibandingkan pedang kayu bokuto membuat pedang shinai lebih mahal dibandingkan pedang bokuto. Selain itu, pedang shinai hanya dipakai di seni bela diri kendo.

 

Tips membeli perlengkapan kendo

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli dan merawat perlengkapan kendo. Pertama-tama untuk hakama keikogi, beli yang warna biru, jangan putih karena noda bisa kelihatan dengan jelas. Selain itu, jika anda masih pertama kalinya mengikuti kendo, beli keikogi yang terbuat dari polyester, karena keikogi yang terbuat dari kapas cenderung lebih mahal ketimbang polyester. Kedua, saat membeli  1 set bogu, cari yang tradisional yang tanpa ada motif maupun gambar keren. Terakhir dan paling penting, hindari membeli perlengkapan yang dipasang harga murah, karena pada umumnya perlengkapan dengan harga murah cenderung mudah cepat rusak.

Penutup

Sebuah baju pelindung bisa mengurangi cedera dan bahkan menyelamatkan nyawa pemakainya, begitu juga bogu. Selain itu, seringlah merawat pedang shinai/bokuto agar tidak cepat rusak dan juga tidak membahayakan pemiliknya maupun lawannya. Dengan ini, demikianlah pembahasan mengenai perlengkapan seni bela diri kendo, semoga artikel ini dapat memberi wawasan baru kepada anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Sumber:

https://www.kendo-guide.com/kendo_equipment.html

http://www.kendotour.com/equipment.html

http://kendo-training.com/Kendo%20training%20Armor%20and%20Swords.html

http://www.kendotour.com/armor.html

Sean Permana