Shogi

Kita semua pasti tahu apa itu permainan diatas papan, sebuah permainan dimana harus dimainkan di papan yang sudah disediakan dalam set permainan. Di Jepang sendiri terdapat permainan diatas papan tradisional, yaitu shogi. Aapa itu shogi? Bagaimana cari mainnya? Artikel hari ini akan membahas tentang shogi dan cara memainkannya. Enjoy!

Pengertian/latar belakang

Shogi merupakan permainan diatas papan tradisional yang berasal dari Jepang. Sejarah shogi dimulai pada zaman periode Nara, dimana kemungkinan permainan diatas papan ini berevolusi dari permainan catur Cina. Pada masa periode Heian, permainan shogi menjadi populer di kalangan bangsawan Jepang setelah ibukota Jepang dipindahkan dari kota Nara ke Kyoto. Nama shogi sendiri artinya permainan para Jenderal, mengingat permainan ini memiliki unsur strategi yang sangat dalam. Sesuai dengan nama dan artinya, permainan ini juga digemari oleh para jenderal perang saat itu.

Dulu itu terdapat 3 ukuran papan permainan shogi. Yang pertama adalah sho-shogi, merupakan papan yang paling terkecil dalam permainan shogi. Yang kedua adalah chu-shogi, yang ukurannya lebih besar dibandingkan yang sebelumnya. Yang terakhir adalah dai-shogi, papa ini berukuran yang sangat besar dan paling terbesar dalam permainan shogi, dengan 15X15 kotak pada papan tersebut. Sho-shogi menjadi permainan shogi yang populer, dan kemudian berubah menjadi permainan shogi modern sekarang ini.

Cara memainkan shogi

Permainan shogi hampir sama dengan permainan catur, namun dengan beberapa aturan dan cara main yang berbeda. Gol dalam permainan shogi sama seperti catur, yaitu skakmat pion raja lawan dengan cara memojokkannya dengan semua catur yang anda punya. Namun jika catur memiliki 8 X 8 kotak, papan shogi memiliki 9 X 9 kotak, dan memiliki 20 bidak yang berupa:

  • 9 Fuhyou(pawn)
  • 1 Gyokushou(raja)
  • 2 Kinshou
  • 2 ginshou
  • 2 Keima (knight)
  • 2 Kyousha
  • 1 Kakugyou
  • 1 Hisha

Selain itu, salah satu bidak musuh yang dimakan oleh bidak pemain bisa dipakai oleh pemain sebagai bidak tambahan, namun bidak ini tidak bisa dipromosikan walaupun berada di barisan kotak lawan paling ujung.

Berikut bidak-bidak dalam permainan shogi:

  • Fuhyou (歩兵)

Merupakan bidak yang berfungsi seperti pawn dalam permainan catur. Sesuai fungsinya, bidak ini diletakkan barisan yang paling depan, hanya bisa bergerak 1 kotak, dan hanya bisa memakan bidak lawan yang berada di horizontal kanan atas dan kiri atas.

  • Kakugyou (角行)

Bidak yang satu ini hampir sama seperti pion bishop dalam permainan catur, mengingat bidak kakugyou hanya bisa bergerak secara horizontal, baik ke kanan maupun ke kiri.

  • Hisha (飛車)

Kemudian ada Hisha. Hisha merupakan bidak ekuivalen dengan pion benteng dalam permainan catur, dan bisa bergerak vertikal lurus ke kanan, kiri, depan, dan belakang.

  • Kyousha (香車)

Bidak yang satu ini bisa maju lurus kedepan, namun tidak bisa mundur ke belakang.

  • Keima (桂馬)

Bidak yang satu ini hampir sama dengan pion knight dalam permainan catur, dimana bidak ini hanya bisa maju dua langkah ke kiri atau ke kanan.

  • Ginshou (銀将)

Bidak yang dalam bahasa Indonesia artinya Jenderal perak ini bisa bergerak 1 kotak di segala arah kecuali samping kiri horizontal, kanan horizontal, dan mundur ke belakang.

  • Kinshou (金将)

Bidak yang dalam bahasa Indonesia artinya jenderal emas ini bisa bergerak ke atas, kiri atas, kanan atas, samping kiri, samping kanan dan kebelakang, namun  tidak bisa bergerak diagonal ke belakang kiri dan kanan.

  • Gyokushou (玉将)

Sama seperti pion raja dalam permainan catur, bidak ini bisa bergerak ke segala arah, dan merupakan bidak yang harus dijaga dari skakmat musuh.

Berbicara tentang promosi bidak, seperti catur juga, bidak pemain bisa dipromosikan saat berada di ujung papan lawan, dimana:

  • Fuhyou, Keima, kyousha dan ginshou dapat bergerak seperti jenderal emas jika dipromosikan
  • Hisha mendapat keahlian berupa bisa bergerak 1 kotak secara horizontal, baik ke kiri maupun kanan
  • Kakugyou bisa bergerak 1 kotak secara vertical ke kanan maupun ke kiri

Semua bidak yang naik promosi, bidaknya harus dilipat yang memperlihatkan kanji merah yang sama seperti permukaan sebelumnya, yang menandakan bidak ini sudah dipromosikan.

 

 

Penutup

Permainan shogi selain dapat mengisi waktu luang, juga bisa mengasah kecerdasan orang dalam mengatur strategi dalam permainan strategi berbasis papan. Dan seperti biasanya, jangan menyalahgunakan permainan ini sebagai salah satu alat dalam taruhan. Demikianlah artikel pembahasan tentang shogi, semoga artikel ini dapat memberi wawasan kepada pembaca. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

https://www.shogi.cz/en/about-shogi

https://riizhu.blogspot.com/2015/02/mengenal-nama-bidak-dan-langkah.html

http://shinonorimasa.blogspot.com/2009/09/dasar-dasar-bermain-shogi.html

https://www.artforia.com/mengenal-aturan-dasar-shogi-catur-jepang/

https://www.mastersofgames.com/rules/shogi-rules.htm

 

 

Sean Permana