Resensi Yakusoku no Neverland

Pernahkah kamu membayangkan jika kamu menjadi salah satu anak yang hidup di suatu panti asuhan yang benar-benar terisolasi dari dunia luar dengan tembok yang menjulang tinggi tanpa mengetahui keadaan dunia luar sama sekali? Namun, di panti asuhan tersebut, kamu akan diberikan kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan dengan teman-teman satu panti asuhan dan diasuh oleh seorang pengasuh yang baik dan penuh kasih sayang. Akan tetapi, dibalik semua itu terdapat satu rahasia yang benar-benar akan membuat kamu merinding jika kamu mengetahuinya. Cerita seperti yang telah saya sebutkan di atas tadi dapat ditemukan pada seri anime Yakusoku no Neverland yang akan saya ulas pada artikel kali ini.

Pada awal dari seri Yakusoku no Neverland ini, penonton dapat disuguhkan ketenangan anime slice of life yang menggambarkan tentang kehidupan bahagia anak-anak di panti asuhan Grace Field. Panti asuhan Grace Field memiliki tembok yang sangat tinggi pada sekelilingnya yang mengisolasikan tempat tersebut dengan dunia luar. Semua anak di Grace Field selalu riang gembira bermain sambil melakukan tugas-tugas hariannya seperti mencuci pakaian dan menyiapkan makan malam. Pada saat malam tiba, semua anak berkumpul bersama di ruang makan dan menyantap makanan yang telah dihidangkan oleh seorang pengasuh baik hati bernama Isabella yang biasa mereka panggil dengan “Mama”. Semua anak di panti asuhan Grace Field selalu menjaga peraturan untuk tidak kabur dari panti asuhan tersebut, mereka pun selalu menempuh tes pelajaran yang sangat susah dan diharapkan dapat hasil nilai yang baik untuk masa depannya.

Peta Grace Field House

Semua anak sangat bahagia berada di panti asuhan Grace Field dan semua terlihat begitu sempurna. Sampai pada suatu malam, ketika seorang anak bernama Conny harus pergi meninggalkan panti asuhan karena dikabarkan akan diadopsi. Namun Conny tidak sengaja meninggalkan boneka kesayangannya yang selalu menemaninya. Mengetahui hal itu, 2 anak yang paling baik dan pintar di Grace Field bernama Emma dan Norman pergi secara diam-diam untuk menyusul Conny karena ada larangan pergi ke dekat pintu gerbang. Akan tetapi, ketika sampai di pintu gerbang utama, mereka menemukan Conny telah meninggal dengan setangkai bunga menusuk hatinya. Mereka pun dihadapi dengan kenyataan bahwa sebenarnya panti asuhan yang mereka tempati adalah tempat mereka dibesarkan sebagai makanan untuk para makhluk iblis. Sejak saat itu, petualangan mereka untuk kabur dari panti asuhan Grace Field pun dimulai.

3 Protagonis, Norman, Ema & Ray

Kelebihan dan hal yang menarik dari anime ini adalah kualitas gambar dan suara yang baik dengan alur cerita yang penuh emosi dan kejutan. Sosok pengasuh Isabella yang bermuka dua pun digambarkan dengan sangat baik dan menarik. Tokoh utama dari seri Yakusoku no Neverland, Emma digambarkan sebagai anak baik yang selalu optimis, periang, dan selalu menyayangi teman-temannya. Cerita tentang Emma yang harus menyembunyikan pengetahuannya tentang rahasia panti asuhan Grace Field dengan membunuh emosi miliknya agar tidak ketahuan pengasuh Isabella, dan kepintaran seorang Norman dalam menyiasati taktik agar semua anak bisa kabur dari panti asuhan Grace Field juga disajikan dengan sangat epik dan membuat penonton dapat menikmati setiap menit dari anime tersebut dan selalu menantikan episode-episode selanjutnya yang siap menanti.

Anime Yakusoku no Neverland menjadi salah satu anime tahun 2019 yang sangat diantisipasi oleh para penggemar anime dan manga. Per tanggal 14 September 2018, buku jilid pertama dari sepuluh jilid yang ada telah terjual 6 juta buku. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah manga yang bahkan belum berumur 2 tahun pada saat itu. Manga dari Yakusoku no Neverland pun memenangkan penghargaan Shogakukan untuk kategori manga genre Shounen pada bulan Januari 2018. Pada saat ini, versi manga dari Yakusoku no Neverland sudah beredar sebanyak 13 jilid dengan alur cerita yang menarik pada setiap chapternya.

Walaupun anime season pertama saat ini sudah selesai, Yakusoku no Neverland season 2 akan segera dirilis pada tahun 2020. Anime Yakusoku no Neverland itu sendiri adalah hasil adaptasi dari manga yang sekarang sudah mencapai jilid 13. Season pertama dari anime yang dibuat oleh studio CloverWorks berdasarkan dari manga jilid 1 sampai jilid 4. Season 2 diperkirakan akan meliputi jilid 5 hingga jilid 8.

Danar Taruna Pamungkas