Aomori Nebuta Matsuri

Seperti yang teman-teman ketahui, Jepang sangat identik dengan matsuri (festival). Kali ini, kami akan memperkenalkan salah satu festival yang sangat terkenal di Jepang, yaitu Aomori Nebuta Matsuri. Ada yang pernah mendengar mengenai festival ini?

Aomori Nebuta Matsuri (青森ねぶた祭) merupakan salah satu festival tahunan yang diadakan di Prefektur Aomori. Festival ini dilaksanakan setiap tanggal 2-7 Agustus setiap tahunnya. Festival ini ditandai dengan ‘nebuta’ yang merupakan dekorasi yang diarak di tengah kota oleh sekelompok orang. Umumnya dekorasi ini terbuat dari kertas dengan warna terang dan dilengkapi dengan lampu kecil untuk pencahayaan pada malam hari. Ukuran nebuta sangat besar, sampai-sampai yang mengangkat bisa lebih dari 6 orang, lho!

Biasanya, arakan dekorasi ini menggunakan tokoh sejarah, mitologi, hewan atau aktor kabuki. Festival yang diadakan sebagai salah satu acara untuk menyambut Tanabata ini merupakan festival yang dikenal dengan pawai yang menggunakan Nebuta, lentera berukuran raksasa. Pemandangan nebuta yang diarak oleh orang yang menari-nari dengan iringan genta, taiko, dan teropmet kulit kerang ini terlihat sangat meriah, hingga menarik lebih dari 3 juta peserta dan wisatawan setiap tahunnya.

Biasanya selama 2 hari pertama festival, dari tanggal 2 ke 3 Agustus hanya menggunakan Nebuta berukuran lebih kecil, dan arak-arakan biasanya dibawa oleh anak-anak. Karena tenaga yang dibutuhkan untuk membawa Nebuta raksasa ini sangat besar, Nebuta raksasa baru akan dimunculkan dari tanggal 4 hingga 7 Agustus.

Arak-arakan Nebuta ternyata tidak hanya demi menarik perhatian pengunjung dan wisatawan, lho. Masing-masing pembuat Nebuta akan berkompetisi untuk membuat Nebuta seindah dan semenarik mungkin demi menjadi yang terbaik selama acara berlangsung.

Wisatawan yang datang tidak hanya bisa menonton acara berlangsung, tetapi bisa juga menjadi peserta lho! Kalau kamu tertarik, kamu bisa ikut memeriahkan festival dengan menari selama parade berlangsung. Syaratnya kamu harus mengenakan kostum tari tradisional haneto yang bisa dibeli atau disewakan di toko setempat dengan harga sekitar 4000 yen untuk kamu yang ingin menyewa, atau sekitar 7000 yen kalau kamu ingin membeli kostumnya.

Rute Nebuta Matsuri adalah sekitar 3km memutari pusat kota Aomori. Jarak rutenya juga sangat dekat dari Stasiun JR Aomori, hanya sekitar 5 menit berjalan kaki.

Oh iya, meskipun sebenarnya tiket masuk untuk festival ini tidak bayar alias gratis, tetap disediakan juga lokasi-lokasi strategis yang perlu mengeluarkan kocek yang lumayan, apalagi di hari terakhir ketika acara kembang api berlangsung. Untuk tiketnya sudah bisa dibeli sekitar satu bulan sebelum festival ya.

Ada yang sudah pernah melihat Aomori Nebuta Matsuri?