Nagashi Somen, Tradisi Makan Mi ala Jepang Sebagai Penyejuk Di Musim Panas

Beberapa dari teman-teman pastinya pernah mendengar tentang somen (素麺 ). Somen adalah mie tipis yang terbuat dari tepung terigu. Di Jepang, soumen biasanya disajikan dalam keadaan dingin dan dikonsumsi bersama tsuyu, dashi atau kecap. Di musim panas, somen yang didinginkan dengan es merupakan makanan yang sangat populer untuk menyejukkan suasana.

Somen biasanya disajikan sebagai campuran salad, sup, atau disajikan dengan saus ringan. Saat musim panas, menurut situs Toyohara somen menjadi salah satu hidangan favorit warga Jepang. Disajikan dingin dengan direndam dalam air dan es batu, kemudian dimakan setelah dicelupkan ke dalam saus tsuyu segar yang terbuat dari kecap Jepang, rebusan ikan, mirin, bawang, dan myoga (sejenis jahe dari Jepang).

Kalau orang-orang dari daerah tropis seperti Indonesia mengonsumsi minuman dingin untuk menjaga agar suhu tubuh tidak naik, maka orang Jepang memakan somen untuk membantu agar tubuh tetap dingin.

Nah, kalau sudah dengar tentang soumen, apakah teman-teman pernah mendengar tentang nagashi somen?

Nagashi soumen (流し素麺) secara literal berarti ‘soumen yang mengalir’. Nagashi-soumen ini merupakan tradisi musim panas di Jepang yang menggunakan gabungan bambu panjang dengan air mengalir sebagai alat untuk mengalirkan soumen. Saat soumen tersebut mengalir, teman-teman harus menangkap soumen tersebut dengan sumpit. Setelah berhasil menangkap soumen dengan sumpit, maka langsung bisa dinikmati dengan kuah dashi atau tsuyu. Menarik dan menyenangkan sekali, ya!

 

Tak jarang warga Jepang membuat nagashi somen ini untuk dimakan bersama keluarga atau para tetangga saat siang hari yang gerah. Yang tinggal di rumah kecil di kota besar dan kesulitan mencari pohon bambu biasanya membeli mesin nagashi somen kecil untuk diletakkan di meja makan. Mesin ini dirancang untuk mensimulasikan pengalaman makan nagashi somen di rumah, jadi warga kota yang rumahnya kecil tak perlu repot-repot mencari batang bambu terlebih dahulu jika ingin makan somen.

Cara makan yang cukup unik, bukan? Dan pastinya menghadirkan keceriaan tersendiri di tengah teriknya matahari musim panas. Apakah teman-teman pernah mencoba soumen dan nagashi soumen?