Uniknya Mizu Shingen Mochi, Dessert Cantik Dari Jepang yang Mirip Tetesan Air

 

kali ini, kami akan memperkenalkan salah satu  kudapan tradisional (wagashi) yang terkenal di Jepang, yaitu Mizu Shingen Mochi. Kalau pertama kali melihatnya, mungkin akan terlihat seperti tetesan air yang besar. Tetapi itu sebenarnya adalah kue. Kue ini disebut Mizu Mochi Shingen, yang juga disebut water cake.

Ada yang pernah mendengar Mizu Shingen Mochi?

Mizu shingen mochi (水信玄餅) dibuat pertama kali oleh salah satu perusahaan wagashi terkenal di Jepang pada tahun 2014. Setelahnya, karena bentuknya yang unik, wagashi ini menjadi terkenal di seluruh Jepang dan kemudian terkenal di seluruh dunia. Terbuat dari air dan agar-agar, wagashi ini tidak memiliki warna dan terlihat seperti tetesan air. Wagashi ini disajikan bersama kuromitsu (sejenis madu) dan kinako (tepung kedelai). Saking miripnya dengan tetesan air, Mizu Shingen Mochi ini hanya dapat bertahan selama 30 menit dalam suhu ruangan. Lebih dari itu, ia akan mencair dan berubah menjadi air. Karenanya, dessert tersebut harus langsung disantap di tempat dan tidak bisa dibawa pulang. Untuk rasanya, Mizu Shingen Mochi memiliki cita rasa yang cenderung hambar, namun sedikit terbantu dengan rasa manis dari saus gula merah serta gurihnya bubuk kedelai panggang.

Sekilas memang kue ini lebih mirip seperti agar-agar. Tetapi, sang pembuat meyakinkan bahwa ini bukanlah agar-agar, namun kue! Karena untuk membuat Mizu Mochi Shingen menggunakan adonan tepung beras yang disebut Shingen Mochi dan menggunakan air yang khusus dari pegunungan di bagian selatan Jepang. Kue nan unik ini dibuat oleh perusahaan Kinseiken Seika, sebagai variasi dari mochi khas yamanashi, Shingen Mochi. Dan karena kue ini hanya bertahan selama 30 menit, kamu tidak bisa membeli untuk dibungkus, tetapi harus dimakan di tempat.

Dan mochi ini juga hanya tersedia di dua toko Kinseiken yang keduanya berada di Prefektur Yamanashi. Jadi, kalau kamu ingin mencoba makanan ini langsung dari Yamanashi, kamu harus pergi berkunjung ke sana.

Oh iya, karena mochi ini sangat terkenal baik itu di kalangan wisatawan mancanegara maupun lokal, kamu mungkin harus mengantri cukup lama untuk bisa mencicipinya. Rasa penasaranmu berkurang karena tidak ingin ikut mengantri? Tapi kalau melihat respon dari orang-orang yang sudah mencicipi mochi ini pasti akan membuat semangatmu kembali melambung untuk segera mencicipinya!

Satu hal lagi yang harus kamu ingat, jangan terlalu siang untuk mengunjungi toko ini kalau kamu ingin membeli mochi ini ya. Bisa-bisa nanti kehabisan.

Toko Kinseikan Daigahara

Alamat : 2211 Daigahara, Hakushu-cho, Hakuto-shi, Yamanashi 408-0312

Tel : +81-551-35-2246

Jam Buka : 09:00 – 18:00

Tutup : Kamis

 

Toko Kinseikan Nirasaki

Alamat : 154 Kotagawa, Nakadamamachi, Nirasaki-shi, Yamanashi 407-0262

Tel : +81-551-25-3990

Jam Buka : 09:00 – 18:00

Tutup : –

Selamat mencoba!