Bahasa Slang Penggabungan gairaigo dan wago

Bahasa gaul atau bahasa slang yang digunakan oleh remaja, merupakan salah satu jenis bahasa kelompok (shuudango). Bahasa slang dimiliki oleh remaja manapun di belahan dunia ini termasuk salah satunya adalah negara Jepang. Menurut salah seorang ahli sosiolingistik Jepang (Sanada, 2000:25) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan bahasa slang adalah bahasa yang lahir sebagai bahasa yang mempunyai fungsi memberikan pengukuhan kedekatan jiwa dalam suatu kelompok dan juga bahasa yang memegang rahasia dalam kelompok tersebut.

Pembentukan kata dalam bahasa gaul anak muda Jepang ada beberapa jenis, salah satu diantaranya adalah bahasa gaul yang dibuat dengan penggabungan 外来語(がいらいご) (kata pinjaman) dan 和語(わご) (bahasa Jepang asli). Beberapa contoh yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah:

  1. 愛コンタクト(愛+コンタク)Penggabungan antara 和語+外来語

Hiragana ai merupakan kelas kata nomina, katakana kontakuto juga merupakan kelas kata nomina yang berasal dari bahasa Inggris contact. 愛コンタクトmemiliki pengertian yaitu「相手の姿を見たり、声を聞いたりせずに、相手を思う気持ちだけで意思疎通図ること」(menciptakan rasa saling pengertian dengan pasangan meskipun tanpa adanya kontak langsung seperti bertemu ataupun mendengar suaranya). Penggabungan kata愛 dan コンタクmembentuk kelas kata nomina.

  1. アピ男 (アピール+男)Penggabungan antara 外来語+和語

Katakana api merupakan singkatan kata api-ru, berasal dari bahasa Inggris appeal. Kata api termasuk kelas kata nomina. Sedangkan kata otoko berasal dari bahasa Jepang yang juga termasuk kelas kata nomina. Kata アピ男 (apio)memiliki pengertian「好きな女子が通ると、さりげなく話す声を大きくするなどしてアピールを始める男の人」(Laki-laki yang membesarkan volume suaranya pada waktu berbicara ketika wanita yang disukainya lewat). Kata アピ男 termasuk kelas kata nomina.

  1. こそアド(こっそり+アドレス)Penggabungan antara和語+外来語

Kata hiragana koso merupakan singkatan dari kata kossori yang termasuk ke dalam kelas kata adverbia. Sedangkan katakana ado merupakan singkatan dari me-ru adoresu yang berasal dari bahasa Inggris mail address yang artinya adalah alamat email. Kata ado termasuk kelas kata nomina. Kata kosoado memiliki pengertian 「こっそりメールアドレスを交換すること」(sembunyi-sembunyi saling menukar alamat email).

  1. メル告(メール+告白)Penggabungan antara外来語+和語

Kata meru berasal dari katakana me-ru yang artinya email, sedangkan kata koku berasal dari kata kokuhaku yang artinya pernyataan cinta. Penggabungan kata me-ru dan kokuhaku menjadi merukoku yang pengertiannya adalah「会って直接するのではなく、メールで告白すること」(menyatakan tidak secara langsung ketika bertemu tetapi melalui email). Kata merukoku termasuk ke dalam kelas kata nomina.

Pembentukan kata gaul yang merupakan hasil penggabungan kata ini sudah berterima di kalangan remaja dan mereka menggunakannya sebagai bahasa sandi agar yang mereka bicarakan tidak diketahui oleh orang dewasa ataupun bahasa yang mereka gunakan dengan tujuan agar terlihat lebih gaul dan bisa diterima dilingkungannya.