Hen na Hoteru 変なホテル

Henn na Hoteru, terdiri dari kata henn dan hoteru. Jika dilihat dari arti harfiahnya, henn berarti ‘aneh’ dan hoteru adalah ‘hotel’, sehingga memiliki arti ‘hotel yang aneh’. Namun arti ‘aneh’ pada hotel ini, bukanlah keanehan yang bersifat negatif, melainkan hotel yang memiliki keunikan tersendiri dan akan terus mempertahankan keunikan tersebut. Keunikan seperti apakah yang terdapat pada Henn na Hoteru, simak penjelasan berikut ini.

Henn na Hoteru pertama pertama kali didirikan pada 17 Juli 2015 oleh Travel Biro HIS Grup  di tempat wisata Huis Ten Bosch (ハウステンボス)yang berada di Prefektur Nagasaki Kota Sasebo. Saat ini Henn na Hoteru telah tersebar di seluruh Jepang.

Henn na Hoteru merupakan hotel pertama di dunia yang menggunakan pegawai robot dan telah tercatat dalam Guiness Book of record. Saat pertama memasuki hotel dan check in, kita akan disambut dan dilayani oleh resepsionis yang semuanya adalah robot dengan beberapa macam bentuk, diantaranya robot wanita(女性姿ロボット), robot berbentuk dinosaurus(恐竜型ロボット)dan robot pengangkut barang (ポーターロボット). Pembayaran pun juga dilakukan pada mesin yang telah disediakan. Kemudian hotel ini juga tidak memiliki bell boy, melainkan kita dilayani oleh mesin robot untuk membawa barang kita dari lobi ke kamar. Untuk pelayanan di restoran juga tidak menggunakan tenaga manusia, melainkan kita melayanai diri kita sendiri dengan cara membeli makanan dan minuman pada mesin penjual otomatis. Terakhir, saat akan check out kita hanya perlu mengembalikan kunci pada tempat yang telah disediakan.

Konsep Henn na Hoteru berbeda dengan hotel lainnya, karena tidak menggunakan banyak tenaga manusia, hotel ini termasuk hotel dengan budget murah. Ini merupakan konsep utama hotel yang ingin menerapkan cost cut(コストカット). Henn na Hoteru hanya mempekerjakan 10 orang pegawai, yaitu pegawai yang mengurus penggantian bed cover, pegawai yang mengontrol CCTV dan lain sebagainya.

Bagi yang memiliki rencana untuk jalan-jalan ke Jepang, tidak ada salahnya untuk mencoba menginap di Henn na Hoteru yang menawarkan suasana dan fasilitas yang berbeda.