Shichi Go San: Tradisi Ribuan Tahun

Halo kawan – kawan! Ketika mendengar “Jepang”, hal apa yang pertama kali masuk kedalam benak kalian? Negara berteknologi tinggi, rumah dari anime dan manga, serta kaya akan kebudayaan adalah hal – hal yang umum dikaitkan dengan Jepang. Nah, Sebagai negara yang kaya akan kebudayaan, ada banyak sekali upacara – upacara tradisional di Jepang loh. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas upacara yang berkaitan dengan anak – anak, yaitu  Upacara Shichi Go San.

Mengapa upacara ini bernama Shichi Go San? Pada zaman heian (794-1192) dahulu, anak – anak sangat rentan terhadap penyakit serta kematian bayi merupakan masalah yang serius. Oleh karena itu, lahirlah perayaan terhadap seorang anak yang berhasil menyentuh usia 3 dan 7 tahun untuk perempuan serta 3 dan 5 tahun untuk laki-laki. Perayaan itu menjadi sebuah tradisi hingga masa kini. Itulah mengapa upacara ini bernama “Shichi Go San” yang berarti Tujuh Lima Tiga”. Dengan rasa syukur, para orang tua Jepang menjalankan upacara ini dengan khidmat.

Jadi seperti apa sih upacara ini pada zaman modern? Upacara Shichi Go San ini tetap diadakan untuk merayakan pertumbuhan anak dan meminta kepada para dewa agar hidup mereka terus diberkahi sepanjang masa. Anak-anak peserta upacara ini diwajibkan mengenakan kimono. Acara yang diadakan di kuil shinto ini juga dihadiri orang tua dari anak – anak tersebut dan tentunya pendeta shinto yang mengadakan upacara. Nah, setelah upacara berakhir anak-anak peserta upacara akan diberikan permen chitoseame (secara harfiah: permen seribu tahun) sebagai penanda panjang umur dan diberkati selalu. Jadi jika kalian punya adik berusia serupa bisa diikutsertakan ke upacara ini nih, asalkan kalian tinggal di Jepang ya, hahaha.

Baiklah, sampai disini dulu ya pembahasan pada hari ini, kawan – kawan. Kita akan berjumpa lagi pada kesempatan berikutnya. Sampai jumpa!

Sumber:

https://www.japanvisitor.com/japanese-festivals/shichi-go-san
https://www.tokyoweekender.com/2017/10/the-story-behind-the-japanese-custom-of-shichi-go-san-seven-five-three/
https://www.nippon.com/en/features/jg00043/shichi-go-san.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Shichi-Go-San

Baiklah, sampai disini dulu ya pembahasan pada hari ini, kawan – kawan. Kita akan berjumpa lagi pada kesempatan berikutnya. Sampai jumpa!