Canggihnya Teknologi Robot Yang ada Pada Tokyo Olympic 2020

Canggihnya Teknologi Robot Yang ada PAda Tokyo Olympic 2020 

Olympic dan Paralympic Tokyo yang ke XXXII akan berlangsung pada 24 Juli 2020 sampai 9 Agustus 2020 yang untuk pertama kalinya akan melibatkan robot dalam acaranya. Penarasan apa saja yang bisa dikerjakan oleh robot-robot canggih ini? Enjoy!. 

 

Berdasarkan situs resmi Tokyo Olympic 2020, akan ada beberapa buah  robot yang akan tampil dan membantu di olimpiade 2020 ini. Robot-robot ini dikembangkan oleh Tokyo Motor Corporation. Robot-robot ini akan disediakan di setiap tempat sehingga atlet dan penonton bisa mendapatkan pengalaman teknologi tinggi saat olimpiade tersebut, 


Akan ada tujuh robot yang diperkenalkan pada olimpiade ini. Diantaranya ada Miraitowa dan Someity, robot ini adalah yang akan menyambut para atlet dan peserta olimpiade Miraitowa dan Somiety adalah mascot dari olimpiade 2020. Robot ini dapat melambaikan tangan, berjabat tangan, dan juga menyapa setiap orang yang ada disana. Selain itu, dua robot ini melengkapi kemampuan untuk mengekspresikan wajah dengan berbagai variasi air muka dan memiliki kamera yang memiliki sensor untuk dapat mengenali dan beraksi kepada orang yang ada disekitarnya.  

 

Lalu ada robot T-TR1 dan T-HR3 (Humanoid Robot). Tipe robot ini bertugas untuk membantu  orang-orang yang tidak dapat dating ke venue secara langsung. Robot itu akan mentransmisikan suara dan gambar dari lokasi pertandingan yang sedang berlangsung 

Selain itu, ada  juga robot yang dapat melayani kaum disabilitas dan lansia yang mengalami keterbatasan gerak yang bernama HSR (Human Support Robot) dan DSR (Delivery Support Robot). Yang terakhir ada FSR (Field Support Robot) yang dapat membantu para atlet khususnya cabang atletik nomor lempar. Robot ini dapat mengumpulkan benda-benda seperti lembing atau martil yang dilempar oleh para atlet. Maka robot ini dapat membantu menghemat waktu dalam mengumpulkan benda-benda peralatan olahraga yang telah digunakan. 

Apakah kalian ingin merasakan kecanggihan teknologi dari robot-robot ini?. Datang dan saksikan Olympic dan Paralympic Tokyo 2020 yang adakn diadakan pada musim panas tahun ini. 

Referensi: 

  1. https://time.com/5763785/robots-2020-olympics/https://time.com/5763785/robots-2020-olympics/ 
  1. https://techcrunch.com/2019/07/22/meet-the-robots-toyota-is-bringing-to-the-2020-tokyo-olympic-games/ 
  1. https://tokyo2020.org/en/news/notice/20190723-02.html 

 

Saraz Lestari Aulia Putri