Macam-Macam Mainan Tradisional dari Jepang

Seiring berkembangnya zaman, di mana anak-anak lebih suka bermain dengan alat elektronik seperti handphone, Playstation, komputer maupun berdiam di rumah, sudah jarang anak-anak bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Meskipun berkembangnya teknologi, permainan tradisional masih bisa ditemukan di Jepang lho. Mainan yang seperti apa ya? Yuk kita simak.

1. Taketombo (baling-baling bambu)

Siapa yang kenal Doraemon? Iya, barang yang sering dikeluarkan dari kantong ajaibnya itu baling-baling bambu. Tapi mainan ini tidak bisa dijadikan transportasi untuk terbang ke rumah teman lain ya. Cara bermainya tinggal diputar dan baling-baling bambu akan meluncur ke udara.

2. Koma (Gasing kayu)

Sama seperti mainan gasing di Indonesia, ternyata di Jepang juga punya gasing yang terbuat dari kayu loh. Cara mainnya tinggal melilitkan tali ke gasing dan menariknya agar gasingnya berputar. Biasanya anak-anak berlomba-lomba untuk melihat gasing siapa yang lebih lama berputar sampai-sampai mengadukan gasingnya.

3. Daruma Otoshi

Kalau kalian pernah main permainan blok Jenga, pasti kalian akan suka dengan permainan ini. Permainan ini dimainkan dengan palu yang dipakai untuk meruntuhkan tumpukan kayu tanpa menjatuhkan daruma yang berada di paling atas tumpukan. Biasanya, tumpukan kayunya berwarna-warni dan dari cara bermainnnya sepertinya akan lebih susah dari Jenga ya.

4. Hanetsuki (Badminton Jepang)

Kalau orang-orang bermain badminton pakai net, kalau orang Jepang bermain badminton dengan stik yang terbuat dari kayu. Iya, permainan yang digemari oleh anak-anak perempuan ini memakai stik kayu sebagai pengganti net yang bernama hagoita dan kok yang terbuat dari biji yang ditusuk bulu-bulu. Bagian belakang hagoita sendiri biasanya bergambar dengan gambar lukisan tradisional Jepang.
Bagaimana teman-teman? Mau mencoba bermain bersama dengan mainan tradisional Jepang tadi? Atau kalian mau stay bermain di dalam kamar saja? Kalau kalian main ke Jepang jangan lupa cek mainan-mainan tadi ya! Siapa tahu bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Jepang!

Referensi
https://web-japan.org/kidsweb/virtual/fukuwarai/fukuwarai01.html
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fkojikisankyoto.wordpress.com%2F2012%2F12%2F27%2Fhagoita%2F&psig=AOvVaw2Zua6sJW78Dp7JefBkBQV7&ust=15
87138759638000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCLCH_fGm7egCFQAAAAAdAAAAABAQ
https://livejapan.com/en/article-a0001223