Tokyo, Dinobatkan Sebagai Kota Teraman di Dunia

tokyo

Ibu Kota negara Jepang, Tokyo, menempati posisi teratas kota teraman dunia pada 2019. Ini merupakan prestasi ketiga secara berturut-turut berdasarkan survei yang dilakukan The Economist Intellegence Unit (EIU) dan survei dalam “Global Urban Safety Index Ranking”.

Sebelumnya, Tokyo meraih predikat kota teraman pada 2015 dan 2017. Kini, Tokyo kembali menempati posisi teratas daftar kota paling aman dunia (2019).

Salah satu indikator yang membuat kota Tokyo menjadi kota paling aman didunia adalah lewat ukuran sistem keamanan yang ada disana. Sehingga dapat dikatakan bahwa Tokyo memiliki ukuran indikator keamanan yang baik, dimana para penduduk yang tinggal disana dapat hidup nyaman, damai, dan tentram.

Apa benar Jepang memang aman? Memangnya aman yang seperti apa sih?

Penasaran?… Berikut penjelasan singkat yang menunjukkan kalau Tokyo memiliki indikator keamanan yang baik.

  • Infrastructure Security, Infrastruktur dan Kesadaran Pencegahan Bencana

Meskipun tergolong kota teraman, Tokyo juga masuk kedalam kota yang beresiko tinggi, dimana letak geografisnya yang rentan kena gempa bumi dan tsunami. Sampai sekarang ini, Tokyo fokus mengembangkan infrastruktur pencegahan dan penanggulangan bencana. Sejak Gempa Besar Jepang Timur tahun 2011, Tokyo telah berfokus pada inisiatif untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pencegahan bencana. Dengan menerapkan:

-) Self-help: Pertama, Mengutamakan keselamatan pribadi dan keluarga.

-) Mutual Assistance: Selanjutnya, membantu antar-tetangga dan warga sekitar.

-) Public Assistance: Kemudian Pemerintah akan memberikan bantuan public kepada semua warga.

Hal diatas merupakan reputasi infrastruktur pencegahan bencana. Yuriko Koike, Gubernur Tokyo saat ini, juga mengemukakan bahwa Misi yang paling penting adalah melidungi kota dan warga ibukota negara dari bencana gempa yang besar.

  • Personal Security, Keamanan Antar-personal

Kota Tokyo, bahkan warga negara Jepang, dikenal sebagai warga yang paling jujur. Mereka akan tetap selalu mematuhi peraturan yang ada, bahkan mengatur diri mereka sendiri. Hal tersebut memang sudah diterapkan secara alami dari zaman dahulu, sehingga kesadaran dan mental warga disana dikenal sangat baik dan jujur.

Oleh karena itu, tidak heran jika angka kriminalitas di Tokyo sangat rendah, bahkan paling rendah pula di dunia. Disana pula, terdapat pos polisi disetiap sudut dan cabang yang memantau daerah sekitar 24 jam non-stop. Sehingga kita dapat bepergian kemanapun dengan bebas dan aman tanpa adanya tindakan kriminal. Sakin bebasnya, terdapat kebiasaan yang sering dijumpai di jalanan kota Tokyo, seperti:

-) Seorang wanita muda berjalan sendiri di jalanan pada malam hari

-) Anak-anak SD pergi dan pulang sekolah sendiri

-) Pergi ke kasir atau toilet sambil meninggalkan barang-barang di tempat umum.

  • Cyber Security, Keamanan lewat jaringan

Jika dikaitkan dengan jaringan, Jepang juga merupakan salah satu negara yang tergolong aman dalam pemakaian internet, terutama di Tokyo. Jaringan internet disana pun juga cepat, serta aman karena banyak akun yang privasikan oleh para pemakai akun tersebut. Sehingga dapat meminimalisir tindakan cyber-criminal. Sehingga pemakaian teknologi jaringan disana juga aman, dan gangguan jaringan seperti malware juga tidak mudah menginfeksikan pemakaian jaringan di kota tersebeut, dikarenakan warga kota disana memakainya dengan bijak.

Resources:

https://newsphere.jp/national/20150530-1/

https://inboundnow.jp/media/knowhow/20633/

https://www.weforum.org/agenda/2019/09/safest-cities-tokyo-singapore-osaka-security-urbanization-economist-intelligence-unit/

 

Matius Zedrach