Botol Plastik Kemasan yang Aman Dipanaskan

 

Botol plastik kemasan sudah menjadi benda yang umum dijumpai di kehidupan sehari-hari. Benda ini mudah dibawa, praktis, dan memiliki biaya produksi yang murah. Walaupun begitu, benda sekali pakai ini tidak cocok digunakan untuk cairan yang panas karena adanya unsur-unsur kimia yang dapat terlarut di dalamnya.

Nah, berbeda dengan botol plastik kemasan yang ada di Jepang. Botol plastik tahan panas ini merupakan bagian dari produk keluaran Ito-En, yaitu O~i Ocha panas. Produk inovatif ini muncul karena sebelumnya, minuman panas hanya dijual dalam kemasan kaleng. Tapi ternyata kemasan kaleng tersebut dapat terasa terlalu panas di tangan konsumen. Dengan adanya botol plastik tahan panas ini, konsumen dapat meminum teh hangat tanpa harus membakar tangan mereka.

Selain tahan panas, kemasan ini juga bisa dipanaskan di microwave. Namun, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi:

  1. Botol harus berlabel “microwave-able” (電子レンジOK!) seperti pada gambar.
  2. Tutup botol harus dibuka sebelum dimasukkan ke dalam microwave
  3. Cairan dalam kemasan tidak boleh terlalu banyak (sudah diminum sebagian) maupun terlalu sedikit. Ada indikator di sisi botol yang menunjukkan batas aman microwave, dilengkapi dengan lama pemanasan di microwave yang disesuaikan dengan jumlah cairan dalam botol
  4. Botol hanya boleh dipanaskan sekali di dalam microwave

Dikarenakan fungsionalitas dan tingkat keamanan yang tinggi, produk ini juga mendapat penghargaan dalam lomba “Good Packaging 2019”.

 

 

Ditulis oleh: Faustina Ardisa (2101627894)

Sumber:

https://soranews24.com/2019/11/21/can-you-put-japans-hot-bottled-tea-coffee-in-the-microwave-only-if-you-see-this-special-notice/

https://www.itoen.jp/oiocha/products/hot/