Etika Menyantap Ramen di Jepang

Jepang terkenal dengan negara yang memiliki banyak tradisi serta budaya, termasuk dalam hal menyantap makanan. Tradisi menyantap makanan ala masyarakat Jepang berbeda jauh dengan tradisi Eropa ataupun Asia lainnya. Jika Anda berkunjung ke Jepang, perhatikan etika makan ala negara sakura ini. Berikut ini juga beberapa tatacara atau etika menyantap makanan di Jepang:

  1. Penggunaan Sumpit

Sumpit adalah alat makan khas negara Jepang. Hampir seluruh makanan di Jepang disantap menggunakan sumpit ini karena sudah menjadi budaya orang Jepang.

 

  1. Tata cara makan

Di Jepang,sebelum menyantap makanan,semua orang akan mengucapkan “itadakimasu” dan setelah sehabis makan akan mengucapkan “gochisousama”. Hal ini menunjukkan rasa hormat karena telah menyantap makanan dengan lezat.

 

  1. Bersulang

Di Jepang,hampir seluruh orang akan meminum minuman sake atau beer,lalu mereka akan “kanpai” atau yang disebut dengan bersulang.

 

  1. Makan mie

Ketika ada di Jepang, makan mi adalah wisata kuliner yang harus diagendakan. Saat makan mi di restoran atau kedai mi tradisional, usahakan untuk makan dengan menyeruput mi sambil bersuara. Biarkan orang lain mendengar suara Anda karena ini menandakan Anda menikmatinya.

 

Nah Memakan mie di Jepang,adalah salahsatu budaya khas orang orang Jepang atau sudah menjadi kebiasaan sehari hari disana. Orang Jepang sangat menyukai mie dan banyak sekali kedai mie atau ramen yang buka di Jepang dan menarik perhatian para turis.

 

Di Jepang, memakan mie makanan khas negara Jepang harus berbunyi “slurp” dan tidak boleh diputus cepat. Hal ini untuk menghargai koki bahwa makanan tersebut enak, berlaku untuk ramen, ramyun, udon dan jenis mi Jepang lainnya. Cara menyeruput mie yang benar adalah mengangkat mangkuk dengan tangan kemudian menghirup aroma kuahnya. Kemudian gunakan sumpit, ambil mie dalam jumlah banyak dan angkat dari kuah.Saat diangkat, dekatkan mie dengan mulut dan mulai seruput. Semakin berisik semakin baik.  Di Negeri Sakura itu justru ritual tersebut mesti dilakukan bila tak ingin dicap tidak sopan.

Nah,siapa yang tidak ingin berkunjung ke negri sakura yang unik ini? Jangan lupa untuk datang ke restoran Mie ramen atau soba di Jepang!

 

 

 

Referensi

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1137421-begini-cara-makan-ramen-yang-benar-seperti-orang-jepang

https://lifestyle.okezone.com/read/2016/09/05/298/1481784/ternyata-begini-etika-menyantap-mi-di-jepang

https://www.liputan6.com/global/read/4016166/ini-alasan-orang-jepang-makan-mi-dengan-bersuara-slurp

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170709165755-262-226638/tradisi-makan-mi-soba-jepang