Sejarah California Roll

Kalian sering melihatnya ketika memesan sushi di restoran jepang terkenal, California Roll. Tapi, bagaimana jika saya bilang bahwa California Roll tidak dibuat di Jepang? Ya, ini secara harafiah

Vancouver, 1971. Hidekazu Tojo, anak muda yang ambisius dan terlatih untuk membuat sushi yang datang dari Osaka untuk bekerja di restoran jepang. Hidekazu menemukan bahwa para pelanggan hanya memesan makanan-makanan jepang seperti tempura dan teriyaki. Tidak ada yang suka sushi karena bau amisnya, menjijikan dan banyak keluhan mengenai rumput lautnya. Jadi beliau memutuskan untuk membuatnya dengan cara… hingga mulailah banyak yang suka dengan inside out roll tersebut. Ketika dibuat inside out roll tersebut banyak orang dari kampung halamannya yang memaki dia akan tetapi banyak orang yang suka sehingga orang-orang mulai mencoba nigiri sushi dan lainnya. Bisa dibilang bahwa inside out roll ini adalah gateway-nya sushi.

Adapula sumber lain yang menyebutkan bahwa California Roll ini diciptakan oleh Kanai Noritoshi di Little Tokyo, California dimana dia membuka sebuah gerai yang bisa dibilang gerai sushi pertama yang bernama Kawafuku.

Entah siapa yang sebenarnya menciptakan California Roll tersebut, menu ini telah berkontribusi meningkatkan popularitas sushi di Amerika, dan sekarang sushi ada dimana mana. Dalam bentuk stiker, flash disk, mainan anak-anak, dimanapun ada.

 

 

 

 

Sumber:

Great Big Story: The California Roll Was Invented in Canada https://www.youtube.com/watch?v=3SwX8ANq7Ls

Kulkarni, I. (2019, May 02). The Little-Known Immigrant History of the California Roll. Retrieved from Slate: https://slate.com/culture/2019/05/california-roll-inventor-origin-history-sushi.html

https://blog.liebherr.com/appliances/us/food/sushi-story-california-roll/

Sumber Gambar:

https://norecipes.com/california-roll-recipe/