Izakaya, Kedai Tradisional Khas Jepang

Banyak jenis makanan dan minuman yang terkenal dari Jepang seperti Sushi, Ramen, Udon, teh hijau dan berbagai macam menu makanan atau minuman lainnya. Selain itu juga banyak restoran-restoran yang terkenal dan biasanya tempat dari restoran-restoran yang ada biasanya bergaya modern. Tetapi ada satu jenis restoran atau bisa dibilang kedai yang bergaya tradisional dan sudah ada sejak zaman dulu yaitu Izakaya! Nah, penasaran kan dengan Izakaya? Yuk langsung dibaca artikelnya!

Izakaya sendiri sebenarnya adalah sebuah kebiasaan yang ada pada zaman Edo di mana orang-orang minum sake dan makan langsung di kedainya. Lama kelamaan hal tersebut membuat orang terbiasa dan berubah menjadi izakaya seperti sekarang ini. Dalam pengertian yang simpel, izakaya adalah sebuah bar. Pada awalnya, izakaya biasanya diisi dengan laki-laki yang lelah sehabis bekerja seharian. Tetapi pada akhir-akhir ini bukan hanya laki-laki yang pulang kerja saja yang mengisi izakaya, wanita maupun mahasiswa pun juga datang ke izakaya juga.

Di izakaya ini juga ada etika-etika tertentu ketika ada orang yang mampir ke izakaya. Ketika kita masuk dan duduk di dalam izakaya, di sana kita akan disajikan otoushidai yaitu seperti makanan pembuka ringan yang nanti akan kita bayar sebagai tarif duduk kita dan itu terhitung per orang. Jadi jika kalian pergi ke izakaya jumlah orangnya ada 4, maka otoshidai yang disajikan juga 4 porsi. Selain itu, kalau izakaya tersebut ramai dan banyak pengunjungnya, maka ada aturan 2 jam. Jadi waktu 2 jam tersebut akan terhitung setelah kalian duduk di kursi. Kalau 2 jam sudah lewat, maka pemilik izakaya berhak untuk meminta kalian pulang untuk bergantian dengan pengunjung lain.

Nah bagaimana? Jadi izakaya bisa menjadi destinasi ketika kalian ke Jepang juga kan? Pada era modern saat ini, sudah banyak juga izakaya yang bergaya modern dibanding tradisional. Tetapi izakaya bisa menjadi pilihan kalian ketika ingin mencoba sesuatu yang baru dan sedikit berbeda ketika di Jepang.

 

Sumber

https://id.japantravel.com/guide/semua-tentang-izakaya/27758

https://tokyocheapo.com/food-and-drink/drinking/beginners-guide-japanese-izakaya/