Berdirinya RX-78 Gundam Berukuran 1:1 di Yokohama!

Apakah kamu masih mengingat patung Gundam yang dikatakan sebagai “dewa” baru Jepang? Nah, sekarang “dewa” tersebut telah rampung dan berdiri kokoh di kota terbesar kedua di Jepang, Yokohama. Setelah sempat merilis video uji cobanya beberapa waktu silam, patung RX-78 Gundam berukuran life-size atau 1:1 sudah selesai didirikan di dermaga Yamashita Futo.

 

Berdiri di kompleks Gundam Factory Yokohama, patung life-size dari RX-78 Gundam ini memiliki tinggi 18 meter dan memiliki berat sekitar 25 ton. Dalam tahap perencanaan dan pengembangannya yang telah berlangsung sejak 2014 lalu, dan akhirnya menyelesaikan konstruksi eksternal bagian mecha-nya pada tanggal 29 Juli lalu dengan sebuah jotoshiki, atau “upacara pemasangan kepala,” di mana kepala patung Gundam ini diberi berkat oleh para pendeta Shinto sebelum diangkat menggunakan sebuah crane dan disambungkan dengan bagian badan patung.

Sebenarnya, Yokohama Gundam ini merupakan RX-78 berukuran full-scale kedua lho, karena patung life size Gundam yang sebelumnya pernah berdiri di Distrik Odaiba, Tokyo sebelum digantikan oleh RX-0 Unicorn Gundam. Namun, Yokohama RX-78 ini memiliki sesuatu yang tidak bisa dilakukan pendahulunya, yaitu bergerak. Di dalam casing luar Yokohama Gundam, terdapat rangka mekanik yang membuat patung ini bisa bergerak pada bagian tangan dan kakinya.

Sayangnya, karena situasi pandemi yang tak kunjung usai, Gundam Factory Yokohama terpaksa membatalkan sneak peek awal yang rencananya akan digelar di musim panas ini. Namun, mereka tetap berencana untuk menggelar grand opening pada bulan Oktober mendatang!

Iqbal Azzyz