CHOU SHINKANSEN

Bagi kalian semua pasti mengetahui yang namanya shinkansenkan? Bagi kalian yang tidak tau, shinkansen adalah salah satu kereta super cepat yang menggunakan jalur baru dan melaju dengan kecepatan tinggi. Shinkansen ini digunakan untuk menggantikan penggunaan pesawat yang relative lama dan kurang efisien seperti, jadwalnya yang tidak menentu, mahal, dan susah untuk di kunjungi karena pesawat berarti harus kebandara sedangkan stasiun bisa di mana saja.

Shinkansen pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964 di Jepang bersamaan dengan perayaan olimpiade Tokyo di tahun yang sama dengan di lajukan di jalur baru yaitu Tokaido sen atau jalur Tokaido. Kereta ini ketika pada masa uji coba dapat melaju dengan kecepatan yang memecahkan rekor dunia dan melebihi espektasi yang hanya ingin sampai 200 km/jam tapi menjadi 250 km/jam. Banyak negara di luar sana berusaha membuat dengan mengkopi teknologi yang di kembangkan dan di gunakan Jepang untuk membuat shinkansen ini.

Pada saat ini banyak sekali shinkansen yang sudah di buat dari sang lagenda, yaitu tipe 0 dengan nama hikari yang di berikan kepada shinkansen pertama sampai tipe terkini yaitu seri Hayabusa E dan lainnya. Shinkansen saat ini semakin cepat dan semakin banyak di lajukan seperti, yang dapat melaju ke hokaido saat ini dan dapat melaju keseluruh Jepang kecuali ke daerah pulau seperti Okinawa dan lain sebagainya.

Pada saat ini Jepang semakin gencar dan terus beresperimen dengan teknologinya, dengan menggunakan tegnologi magnet yang digunakan di beberapa negara pada tegnologi keretanya. Tak mau kalah dengan mereka Jepang membuat kereta shinkansen dengan teknologi maglev ini dimulai dari 1997 hingga sekarang ini di 2020. Kereta shinkansen ini berhasil mematahkan rekor kereta maglev china dengan kecepatan 400 km/jam dan juga rekor uji cobanya sendiri yaitu 603 km/jam pada saat ini. Shinkansen ini mendapatkan nama Chou shinkansen yang artinya shinkansen super cepat.

shinkansen ini sudah mulai di produksi, melakukan uji coba untuk pengamanan dan syarat operasi, pembangunan jalur dan juga ekspansi jalur serta stasiun. Beberapa purwarupa / prototype sudah mulai di konfersikan dan di sempurnakan untuk menjadi kereta siap pakai dengan seri dan tipe yang baru saja di umumkan yaitu L0 (eru zero).

Nama L0 ini terdiri dari linear yang lebih di kenal di Jepang sebagai linear motor car, dan ini adalah tipe pertamanya maka di sebut 0 atau zero. Shinkansen ini akan dioperasikan secara umum (public) di 2027 mendatang, denga rute Tokyo – Nagoya dan akan di ekspansikan ke Osaka. Kereta ini akan melaju dengan kecepatan 500 km/jam sampai 600 km/jam, dengan durasi Tokyo – Nagoya 40 menit dan ke Osaka (jalur ekspansi) 1 jam 7 menit dengan jumlah angkut penumpang 1000 orang.

Chou shinkansen ini melaju dengan cara menggunakan maglev, yaitu dengan cara melayang dengan magnet dan menggunakan tenaga dorong magnet. Ketika sudah dioperasikan nantinya tidak akan ada masinis yang mengemudikannya, karena semuanya menggunakan kamera dan sensor yang dioperasikan oleh masisnisnya di stasiun pusat. Hal ini disebabkan mata manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi dengan kecepatan 500 km/jam dan jangan khawatir karena kereta ini sudah sangat aman dan terus ditingkatkan hingga 2027 mendatang nanti.

Bila anda ke Jepang terutama Nagoya dan Tokyo bila anda sudah pernah naik shinkansen yang biasa dan malah belum coba, silahkan coba dari yang biasa dulu baru yang chou shinkansen ini karena kecepatan seperti ini sangat jarang dan baru ada di Jepang saja. Kapan lagi anda bisa merasakan 500 km/jam?! Jadi kalau berkunjung pastikan sudah masuk agenda anda.

 

 

Sumber:

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/7FJn9yiJErvILlx2TlsW4Hqehkh1OKo2hRLJh2pdQDjeMU29lGvkV1DC2leyFSedYfJO_PPUMqEhRl_Oz8Zlanhps_FCTevPIlB8foOtoSUQpTI

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/0Y66EjoatxI8DgZpBQYAsIL82roWFmng6iomVv_C1tRpoQJWakm8zZmLsAQdsJZl2_Xz2z2WeTKsF0lv39nwNyJVYIE

https://economy.okezone.com/read/2016/11/02/320/1530651/beroperasi-2027-jepang-siapkan-kereta-tercepat-di-dunia

https://www.gov-online.go.jp/eng/publicity/book/hlj/html/201704/201704_03_en.html

https://www.railway-technology.com/projects/chuo-shinkansen-maglev-line/

https://www.jrailpass.com/blog/maglev-bullet-train

https://www.japantimes.co.jp/news/2019/11/27/business/corporate-business/jr-central-tunnel-maglev-shinkansen-line/#.XplYKcgzbIW