Pesawat Kamikaze di Tachiarai Chikuzen Peace Memorial Museum

Pernah menonton film tentang pesawat kamikaze?

Kota Tachiarai di timur Prefektur Fukuoka memiliki dua museum yang berbeda yang berfokus pada sejarah pilot kamikaze menjelang akhir Perang Dunia II. Museum itu adalah Museum Chikuzen Peace Memorial Tachiarai, dan yang satunya adalah Museum Stasiun Retro Tachiarai.

Kali ini kita akan membahas tentang pesawat kamikaze yang terdapat di Museum Chikuzen Peace Memorial Tachiarai.

Museum Chikuzen Peace Memorial Tachiarai adalah bangunan besar yang modern, menampung dua pesawat kamikaze asli, salah satunya adalah satu-satunya pesawat tempur Nakajima 97 yang masih ada di dunia. Ada juga Boeing B-29 Superfortress milik Amerika Serikat, ditembak jatuh oleh tentara Jepang sewaktu perang, sekarang pesawat itu berada digantung di langit-langit museum.

Ada pesan dari museum ini ditujukan kepada para pengunjung, yaitu berbunyi “Pertimbangkan pentingnya perdamaian dengan merenungi tragedi perang, yang tidak boleh kita lupakan.”

Selain itu, dilansir dari situs Japan Kyushu Tourist, ruang pameran utama dari Museum Chikuzen Peace  Memorial Tachiarai juga memamerkan beberapa surat dan barang lain dari para pilot kamikaze yang tewas dalam peperangan. Ada juga beberapa foto mengenai sekitar 50 pilot kamikaze dari Pangkalan Udara Tachiarai lengkap dengan informasi terkait setiap pilot, seperti nama, unit, Pesawat yang digunakan, tanggal kematian, dan asal pangkalan udara saat melakukan serangan terakhirnya.

Meskipun begitu, di museum ini ada larangan memotret lho.

Jika ingin berkunjung, biaya masuk yang diperlukan ke Tachiarai Chikuzen Peace Memorial Museum adalah sebesar 600 yen untuk orang dewasa, 500 yen untuk pelajar SMA, dan 400 yen untuk pelajar SMP dan SD.

Penulis sangat tertarik untuk mengunjungi dan melihat pesawat kamikaze di Museum Chikuzen Peace Memorial di kota Tachiarai ini. Bagaimana denganmu?

Referensi

Tachiarai Peace Memorial Museum

Tachiarai Peace Memorial Museum

https://japanesestation.com/japan-travel/travel-destination/melihat-pesawat-kamikaze-di-tachiarai-peace-memorial-museum