Noshi bukuro 「のし袋」

Minasan, Konnichiwa!

Pada Kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai angpao. Jika kita berbicara mengenai angpao, maka yang terlintas di kepala kita berkaitan dengan negara Cina. Akan tetapi, di Jepang juga ada angpao yang disebut noshi bukuro . Selain itu, angpao ala Jepang ini memiliki beberapa macam dan kegunaan.

Untuk info lebih lanjutnya, maka simak artikel ini mengenai pengertian noshi bukuro dan beberapa macam serta bagaimana membedakan noshi bukuro.

 Noshi bukuro merupakan amplop dengan design khas yang digunakan khusus sebagai tempat uang goshūgi. Dalam masyarakat Jepang, akan dianggap sebuah hal yang tabu jika memberikan uang persembahan tanpa membungkusnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, noshi bukuro sangat dibutuhkan oleh orang Jepang dalam kehidupan sehari-harinya. Orang Jepang selalu menyertakan perasaannya ketika memberikan uang persembahan kepada orang lain. Sehingga mereka sengaja menggunakan lembaran uang kertas baru atau disebut dengan pinsatsu 「ピン札」. Selain itu,  jumlah nominal yang dimasukkan dalam noshi bukuro  diperhitungkan berdasarkan perasaan pemberi kepada penerima,baik dipengaruhi dari segi kedudukan sosial pemberi atau berdasarkan kebiasaan setempat.

  Noshi bukuro memiliki beberapa macam sesuai dengan peristiwa atau acara. Berikut ini adalah macam-macam noshi bukuro :

  1. Tanjōbi「誕生日」(ulang tahun).
  2. Kekkon shiki 「結婚式」(upacara pernikahan)
  3. Shussan「出産」 (kelahiran)
  4. Sotsugyō shiki「卒業式」 (upacara kelulusan)
  5. Nyūgaku shiki「入学式」(upacara masuk universitas)
  6. Nyūsha「入社」 (masuk kerja)
  7. Oshōgatsu「お正月」(perayaan tahun baru)
  8. Osōshiki「お葬式」 (upacara kematian)

Untuk mengetahui setiap jenis dan kegunaan angpao, maka harus diperhatikan warna tali dan desain tali temalinya. Karena setiap warna dan bentuk tali, akan menunjukkan kegunaan amplop tersebut.

Untuk warna emas dan perak, biasanya digunakan untuk acara pernikahan, putih dan merah untuk acara-acara yang merupakan kebahagiaan, putih dan hitam atau perak untuk acara duka cita.

Berkut adalah desain tali dalam noshi bukuro serta artinya:

 

 

Tali 1-hana musubi

Bentuk tali seperti ini biasanya terdapat pada amplop yang akan digunakan untuk memberi kado atas kelahiran anak, atau hari pertama masuk sekolah, bisa juga untuk acara kelulusan sekolah.

 

Tali 2-musubi kiri

Ketika amplop mempunyai 2 ikatan, dan simpul kedua tidak bisa mengikat, maka artinya itu adalah pernikahan dan kematian, artinya kedua hal tersebut tidak akan terulang, seperti pernikahan yang hanya sekali, dan juga kematian yang tidak diharapkan.

 

Tali 3-awaji musubi

Diartikan sebagai kebaikan, dan kekal dalam suatu hubungan, ini bisa dipakai untuk peristiwa bahagia maupun kesedihan.

Demikian artikel mengenai noshi bukuro, Ssemoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. ありがとうございます。

 

Sumber :

http://baltyra.com/2014/01/30/noshibukuro-angpao-ala-jepang/comment-page-3/

https://www.takaski.com/product/noshibukuro-japanese-traditional-envelope-special-occasion/

https://thejapanscribe.id/2018/11/17/pentingnya-etika-orang-jepang-saat-memberikan-uang/