Omamori – Jimat Jepang

Apakah kamu pernah dengar kata Omamori? Omamori adalah salah satu pesona Jepang. Anda dapat menemukannya di kuil Shinto atau Kuil Budha. Jika Anda telah pergi ke Kuil Shinto atau Kuil Budha Anda mungkin telah melihat berbagai macam omamori di antaranya, tas-tas kecil berwarna permata yang berjejer, untuk dijual. Mereka juga memiliki berbagagai macam bentuk.

Ada dua jenis Omamori. Pertama adalah bentuk persegi panjang yang  banyak dan mudah ditemukan. Omamori ini mendapatkan kekuatan mereka dari kata-kata yang ditulis di atas kertas atau kayu di dalamnya. Kata-kata itu bisa berupa nama kuil atau doa. Kayu atau kertas kemudian disegel atau dimasukkan ke dalam tas kain dengan warna yang berbeda.

Dan tipe lainnya adalah omamori morfik. Memiliki hewan atau bentuk lain juga tergantung fungsinya. Tapi mereka masih pesona yang sama dengan bentuk persegi panjang.

Sebagian besar orang bertanya, berapa lama Omamori bekerja? Apakah kalian tahu berapa lama kerjanya? Omamori sebenarnya hanya bekerja selama satu tahun. Jika sudah lebih dari satu tahun, Omamori tidak akan berfungsi lagi. Jadi, bagaimana cara membuatnya bekerja lagi? Orang Jepang selalu mengunjungi kuil atau kuil pada tahun baru.  Bagi orang-orang yang memiliki omamori, mereka akan membawa omamori dan memberikannya ke kuil tempat mereka membeli yang lama untuk  dibakar dan mendapatkan yang baru.

Satu hal yang harus Anda ingat. Jangan pernah membuka isi Omamori ini.  Jika Anda membukanya, maka doa yang ada di dalam tidak akan berfungsi lagi.  Jika Anda pernah membelinya, jangan membuangnya, karena itu sama dengan Anda melempar Tuhan. Itu akan membawa Anda nasib buruk dalam hidup Anda.

Omamori cukup mahal tergantung pada pesonanya. Semakin besar pesonanya dan hadiahnya akan semakin mahal. Kisarannya dari 300 yen hingga 1.000 yen. Jika dalam Rupiah adalah sekitar 35.000 hingga 120.000 rupiah.

Jenis pesona yang dapat Anda temukan:

  1. Untuk pendidikan, harap Anda mendapat nilai bagus.
  2. Untuk umur panjang dan sehat
  3. Untuk perlindungan wanita hamil
  4. Untuk keuangan Anda atau hasilkan lebih banyak uang
  5. Untuk menghindari kejahatan
  6. Untuk nilai bagus pada ujian akhir
  7. Cinta jimat. Ini juga dibagi menjadi 4: pertama, temukan belahan jiwa. Kedua, berkati untuk pasangan. Ketiga, pernikahan. Keempat, melahirkan.
  8. Untuk menghindari kecelakaan, Anda bisa menggantungnya di mobil Anda
  9. Untuk menemukan kesuksesan di pekerjaan Anda
  10. Sembuh dari penyakit
  11. Dan masih banyak lagi.

Kalian yang ingin mengunjungi negara sakura, kalian pasti tertarik untuk mengunjungi kuil serta keinginan kalian ingin terwujud kan? Omamori bisa menjadi salah satu jimat yang bisa kalian beli dan juga bisa menjadi oleh-oleh bagi teman atau keluarga kalian.

 

Sumber :

https://www.tokyoweekender.com/2015/05/japanese-lucky-charms-the-guide-to-omamori/

https://www.artforia.com/penjelasan-dan-macam-macam-jimat-keberuntungan-jepang-yang-disebut-omamori/