Veterinarian Jepang Membuatkan Kaki Palsu Untuk Burung Bangau Ini

Hiroko Iima, Foto oleh Makoto Takada

Ketika Hiroko Iima menjadi dokter hewan di kebun binatang, beliau ditugaskan untuk menangani seekor burung bangau Jepang, meskipun dia hampir tidak tahu apa-apa tentang burung itu.

Satu dekade kemudian, dia menjadi penyelamat burung bangau tersebut di Kebun Binatang Kota Kushiro di Hokkaido yang tertabrak mobil dan kakinya terluka parah. Hal yang dilakukannya adalah membuat kaki prostetik aluminium untuk bangau itu, yang kemudian dipamerkan ke publik dua tahun lalu.

“Saya ingin pengunjung melihat kenyataan dan berharap angka kecelakaan mobil bisa berkurang,” ujar Iima.

Banyak burung yang tertabrak mobil dan dibawa ke kebun binatang, tetapi jika tidak bisa berjalan, mereka akan menjadi lemah dan mati.

Setelah mereka dilengkapi dengan kaki palsu, tentu diperlukan perawatan pada kaki palsu mereka, sehingga burung yang terluka tidak dapat dikembalikan ke alam liar seperti sedia kala.

Iima, 39, berasal dari Takamatsu, setelah lulus dari Universitas Ritsumeikan, ia dipindahkan ke departemen kedokteran hewan di Universitas Rakuno Gakuen untuk mewujudkan mimpinya. Dia dipekerjakan di kebun binatang saat berusia 28 tahun dan diminta untuk menangani burung bangau Jepang.

Untuk burung bangau yang cedera, Iima membeli stik aluminium untuk tangkai kaki palsu dan karet untuk bagian kaki di toko kerajinan tangan. Iima membuat cetakan resin untuk kaki para bangau dan membentuk kaki prostetik mereka dengan tangan. Biayanya sekitar 6.000 yen per bagian.

http://www.asahi.com/ajw/articles/13610040

Iqbal Azzyz