Sejarah Chanoyu “茶 の 湯”

Apakah Chanoyu itu? Chanoyu adalah upacara minum teh dari Jepang. Upacara minum teh Jepang biasanya diartikan sebagai “Way of Tea” atau Jalan Dari Teh. Ritual ini merupakan ritual yang sangat sakral bagi masyarakat Jepang. Aturan serta tata cara yang dilakukan juga memiliki peraturan yang ketat bagi para penyaji dan juga penerima teh tersebut. Chanoyu dianggap budaya klasik dan hingga saat ini masih dipelajari oleh murid-murid di sekolah sebagai salah satu mata pelajaran wajib.

Chanoyu memiliki dua jenis pertemuan yaitu ‘Chakai’ untuk situasi informal dan ‘Chaji’ untuk situasi formal. Jenis teh yang digunakan dalam upacara ini biasanya teh hijau bubuk, yang dikenal sebagai matcha. Upacara lain yang kurang terkenal, senchado, menggunakan teh daun bukannya teh bubuk.

Chanoyu sendiri berawal dari abad ke-9 Masehi. Bukti pertama dari perayaannya ditemukan dalam teks sejarah yang menggambarkan bagaimana seorang biksu Buddha bernama Eichu, menyajikan teh kepada Kaisar Saga, penguasa Jepang pada saat itu. Kaisar sedang dalam perjalanan ke desa Karasaki, pada tahun 815 Masehi.

Selama abad ke-12 M, seorang biarawan bernama Eisai diyakini telah memperkenalkan cara khusus untuk menyiapkan teh dan juga penggunaan bahan utama, teh hijau bubuk. Ketika dia kembali dari perjalanan ke China, dia membawa teknik mempersiapkan minuman ini dengan menempatkan matcha ke dalam mangkuk, kemudian menambahkan air panas, dan mencampur kedua bahan tersebut menjadi satu. Ritual teh menjadi hal yang biasa di kalangan biksu Budha.

Pada abad ke-13 M, pemerintah militer feodal memerintah Jepang. Di bawah kekuasaan mereka, teh menjadi simbol status di antara para pejuang. Akan ada kontes pengujian teh di mana peserta harus menebak teh dengan kualitas terbaik, dan mereka akan memenangkan hadiah.

Pada abad ke-16 M, minum teh telah menjadi populer di Jepang. Sen no Rikyu adalah seorang ahli teh Jepang pada waktu itu dan dia menetapkan fondasi dari apa yang kita kenal sekarang sebagai Way of Tea. Bukunya Southern Record menjelaskan pengetahuannya tentang teh, dan mengemukakan gagasan bahwa pertemuan harus selalu dihargai karena itu adalah acara yang unik, yang tidak pernah dapat direproduksi. Dia juga menyebutkan prinsip-prinsip yang telah dia pelajari dari tuannya, Takeno Joo, yang harus ada dalam setiap upacara. Prinsip-prinsip itu adalah harmoni, rasa hormat, kemurnian, dan ketenangan.

Rikyu mungkin memiliki pengaruh paling dalam pada Way of Tea. Setelah kematiannya, tiga sekolah utama persiapan teh didirikan mengikuti ajarannya. Mereka terus mempromosikan tata cara tradisi minum teh. Sekolah itu adalah Sekolah Urasenke, Sekolah Omotesenke dan Sekolah Mushakojisenke. Hingga saat ini, sekolah tersebut masih berjalan seperti sekolah lainnya.

Kristin Surak, dalam jurnalnya yang berjudul Making Tea, Making Japan: Cultural Nationalism in Practice (2015), mengatakan bahwa “Untuk semua prestise di zaman sejarah, akan menjadi kesalahan untuk berpikir bahwa teh diidentifikasi sebagai dasarnya Jepang sebelum kedatangan modernitas.” Makna teh itu dapat dirasakan bagi mereka yang mempraktekkannya, memamerkannya, dan membangun artinya bagi negara masing-masing.

 

 

 

REFERENSI

japan-guide.com (Tidak tertera tanggal) Tea Ceremony. Diakses pada 13 April 2020, dari https://www.japan-guide.com/e/e2096.html

Sadler, A.L. 1998. CHA NO YU The Japanese Tea Ceremony. Tokyo, Japan. Charles E. Tuttle Company.