Fashion Unik Jepang: Harajuku Style

Jepang kerap kali terkenal dengan keunikan budayanya. Dari segi teknologi, bahasa, dan juga cara berpakaian atau style. Di Indonesia, brand fashion jepang yang terkenal adalah Uniqlo. Jika kita lihat bagaimana style baju yang Uniqlo jual lebih kepada warna-warna soft atau lembut yang enak dipandang, tidak mencolok, dan polos.

apabila kita amati gambar diatas, beginilah fashion atau style orang jepang gunakan sehari-hari. Mereka tidak ingin terlihat mencolok dan hanya menggunakan pakaian polos atau pola yang tidak terlihat ramai. Namun, karena hal ini jugalah tercipta fashion unik gebrakan dari anak-anak muda jepang yang ingin mengekspresikan keinginannya yang dikenal sebagai Harajuku style.

Harajuku style tercipta karena keinginan anak-anak muda untuk berekspresi melalui fashion dan tidak terikat dengan norma yang biasanya. Biasanya mereka berpakaian ini di sekitaran Harajuku station sehingga akhirnya style inipun dinamakan Harajuku style. Berawal dengan anak-anak muda yang menggunakan pakaian warna warni dengan pola baju yang meriah membuat mereka terlihat sangat unik di mata dunia. Style inipun tidak hanya sekedar pakaian warna warni saja tapi sekarang ini telah berevolusi menjadi lebih banyak gaya dan tidak monoton.

source : rumahmigran.com

Berikut adalah 3 Harajuku style yang sering dilirik oleh mata dunia sebagai fashion unik :

  1. Lolita merupakan gaya berpakaian seperti boneka yang memiliki unsur keeropaan diambil dari boneka Marie Anttoinette. Biasanya pakaian ini berwarna pink dan putih memancarkan unsur girly. Dari Lolita ini juga muncul jenis yang lainnya seperti gothic Lolita yang memiliki unsur hitam dan kelam.

source : storymaps.arcgis.com

  1. Visual Kei merupakan style rock punk Jepang yang biasanya terlihat dengan menggunakan pakaian dengan unsur gothic dan gelap beserta rambut panjang yang berantakan. Biasanya juga menggunakan tindik di telinga.

source : en.wikipedia.org

  1. Ganguro merupakan style identik dengan perempuan yang menghitamkan kulitnya dengan warna rambut yang mencolok seperti kuning dan menggunakan riasan yang mencolok, biasanya dibagian mata. Gaya ini juga sering muncul di banyak Anime. Biasanya mempresentasikan bagaimana cewek-cewek disekolah yang gaul dan memberontak.

source : japanesefashionblog.wordpress.com

Dari ketiga diatas, bisa kita katakan bahwa Harajuku style merupakan style unik yang ada di Jepang. Bahkan karena keunikannya, hal ini dilihat oleh mata dunia yan membuat penyanyi terkenal Gwen Stefani menggunakan Harajuku Girls sebagai cameo di video musiknya. Selain Harajuku style diatas masih banyak lagi style yang lain dan bahkan akan berkembang lebih banyak lagi di masa nanti.

Referensi :

https://id-id.facebook.com/notes/komunitas-harajuku-cosplay-indonesia/jenis-jenis-dalam-harajuku-style/222314834479329/

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/10/01/194/1957884/5-harajuku-style-ini-pasti-bikin-anda-geleng-geleng-unik-banget

https://www.who.com.au/harajuku-japanese-street-fashion

https://www.rebelsmarket.com/blog/posts/harajuku-style-what-is-it-all-about

https://qz.com/909573/japans-wild-creative-harajuku-street-style-is-dead-long-live-uniqlo/